SERUAN KEBANGSAAN PURNAWIRAWAN TNI-POLRI

Whatsapp Image 2024 02 09 At 16.59.24
Spread the love

Jakarta, pelitanusantara.com.

Purnawirawan TNI-Polri yang non-partisan dan peduli terhadap kondisi kekinian bangsa Indonesia, khususnya dalam bidang sosial-politik menjelang Pemilu/Pilpres 2024, dengan tegas menyampaikan Seruan Kebangsaan untuk menjaga stabilitas, demokrasi, dan integritas dalam penyelenggaraan pesta demokrasi mendatang.

Dalam seruannya, para Purnawirawan TNI-Polri menyoroti peran penting pemimpin bangsa, khususnya Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo. Mereka menghimbau agar Presiden kembali bersikap sebagai seorang Negarawan yang menjunjung tinggi etika dan konstitusi, dengan tetap netral dan tidak memihak kepada pasangan calon presiden-wakil presiden tertentu. Seruan ini menekankan perlunya menjaga keadilan dan integritas dalam proses demokrasi.

Para Purnawirawan juga memberikan himbauan kepada Para Pimpinan TNI dan Polri, serta jajaran mereka, untuk menjaga netralitas, profesionalisme, dan proporsionalitas dalam mengawal pelaksanaan Pemilu/Pilpres 2024. Mereka mengingatkan agar TNI dan Polri tetap menjaga jarak yang sama terhadap semua kontestan, berpegang teguh pada Sapta Marga dan Sumpah Prajurit bagi TNI, serta Tribrata bagi Polri. Purnawirawan menegaskan bahwa politik TNI-Polri adalah politik negara dan tidak boleh terlibat dalam politik praktis.

Seruan tersebut juga mengingatkan para penyelenggara pemilu, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), untuk bersikap netral, profesional, dan proporsional. Mereka menekankan pentingnya penyelenggaraan Pemilu/Pilpres 2024 yang aman, lancar, demokratis, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Hasilnya diharapkan dapat menjadi legitimasi yang kredibel dan akuntabel, memberikan keyakinan kepada masyarakat akan keadilan dalam proses demokrasi.

Seruan Kebangsaan ini dikeluarkan pada tanggal 9 Februari 2024, sebagai bentuk komitmen para Purnawirawan TNI-Polri terhadap tegaknya demokrasi dan keutuhan bangsa Indonesia. Mereka berharap agar semua pihak bersatu untuk menciptakan suasana pesta demokrasi yang damai, bersih, dan bermartabat, demi masa depan yang lebih baik bagi negeri ini.

 

SERUAN KEBANGSAAN PURNAWIRAWAN TNI-POLRI

Menyikapi kondisi kekinian bangsa terutama di bidang sosial-politik menjelang Pemilu/Pilpres 2024, maka kami Purnawirawan TNI-Polri yang non-partisan dan sangat menjaga tegaknya 4 (empat) pilar kebangsaan serta demokrasi dan semangat reformasi, dengan ini menyampaikan Seruan Kebangsaan sebagai berikut:

  1. Menghimbau kepada Presiden RI Bapak Ir. Joko Widodo untuk kembali bersikap sebagai Negarawan yang menjunjung tinggi etika dan konstitusi, dengan bertindak netral menghadapi Pemilu/Pilpres 2024 dan tidak memihak kepada pasangan calon presiden-wakil presiden tertentu.
  2. Menghimbau kepada Para Pimpinan TNI dan Polri beserta jajaran untuk tetap bersikap netral, profesional dan proporsional dalam mengawal pelaksanaan Pemilu/Pilpres 2024 dengan tetap menjaga jarak yang sama terhadap semua kontestan, dengan berpegang teguh kepada Sapta Marga dan Sumpah Prajurit bagi TNI, dan Tribrata bagi Polri. Perlu kami ingatkan bahwa politik TNI-Polri adalah politik negara.
  1. Mengingatkan Para Penyelenggara Pemilu, yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mulai dari tingkat pusat sampai daerah untuk bersikap netral, profesional dan proporsional dalam menyelenggarakan Pemilu/Pilpres 2024 agar berlangsung aman, lancar, demokratis, bebas, rahasia, jujur dan adil, sehingga hasilnya legitimated, kredibel dan akuntabel.

Jakarta, 9 Februari 2024

Purnawirawan TNI-Polri

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!