Potensi Lonjakan Wisatawan Harus Diantisipasi dengan Langkah yang Tepat

Kefaspelita
6580115fa9c5a
Spread the love

Jakarta,Pelitanusantara.com Potensi lonjakan wisatawan pada masa liburan Natal dan Tahun Baru 2024 harus diantisipasi para pemangku kepentingan dan masyarakat dengan langkah yang tepat. Karena selain menghadirkan peluang, libur akhir tahun juga menghadirkan tantangan seiring meningkatnya kembali kasus Covid-19 di tanah air.

“Peluang dari lonjakan wisatawan di akhir tahun ini memang besar, tetapi tantangannya pun cukup besar dengan merebaknya kembali Covid-19 di sejumlah daerah. Kondisi seperti ini harus mendapatkan perhatian serius dari para pemangku kepentingan,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/12).

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memperkirakan sekitar 7 juta orang akan liburan ke Jawa Barat dan pergerakan wisatawan Nusantara akan menembus 200 juta pergerakan pada libur Natal dan Tahun Baru.

Menurut Lestari, pemanfaatan peluang sektor pariwisata di setiap daerah di Indonesia juga harus diikuti dengan langkah kehati-hatian terutama terkait potensi penyebaran Covid-19 yang pada pekan-pekan terakhir ini mengalami kenaikan jumlah kasus.

Upaya meningkatkan daya tahan tubuh melalui penerapan pola hidup sehat dengan keseimbangan asupan gizi dan vitamin, tegas Rerie, sapaan akrab Lestari, harus menjadi bagian dari keseharian masyarakat.

Selain itu, tambah Rerie, kenormalan baru yang telah dibangun dan diterapkan semasa pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu harus mampu dijalankan kembali.

Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu sangat berharap potensi sektor pariwisata yang ada di depan mata itu dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, tanpa mengabaikan sejumlah ancaman yang ada.

Karena, ujar Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, selain potensi penyebaran Covid-19, kondisi cuaca yang tidak menentu dan ekstrim pada penghujung tahun ini juga harus diwaspadai oleh para wisatawan dan para pemangku kepentingan di sektor pariwisata.

Rerie sangat berharap Pemerintah dan masyarakat dapat berkolaborasi dengan baik dalam mempersiapkan sejumlah infrastruktur dan strategi yang tepat menyambit masa libur Natal dan Tahun Baru kali ini.

Menurut Rerie, keselamatan dan kenyamanan masyarakat di berbagai kegiatan adalah yang utama dalam rangka menjalankan amanah konstitusi kita agar negara selalu melindungi setiap warganya.*

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!