Lanjutkan Kerja Sama Maritim, Bakamla RI dan ABF Gelar SOM Ke-6

Kefaspelita
Img 20230927 Wa0038
Spread the love

Jakarta,Pelitanusantara.com — Bakamla RI bersama dengan Australian Border Force (ABF) adakan The 6th Senior Official Meeting (SOM) Tahun 2023. Pertemuan ini guna meninjau kembali kesepakatan yang telah ditandatangi oleh Bakamla RI dan ABF pada SOM Ke-5 di tahun 2022. Kegiatan berlangsung di Aula Ary Hasibuan, Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, Selasa (26/9/2023).

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., beserta jajaran menyambut hangat kehadiran delegasi ABF yang dipimpin oleh Commissioner ABF Michael Outram APM, yang didampingi oleh Commander Maritime Border Command (MBC) Rear Admiral Justin Jones, CSC RAN, beserta jajaran.

Agenda pertemuan terdiri dari sambutan Kepala Bakamla RI dan Commissioner ABF, dilanjutkan dengan tinjauan ulang kerja sama yang telah dilaksanakan. Diskusi mengenai kerja sama yang akan datang juga dilakukan dalam pertemuan ini. Hasil diskusi tersebut kemudian tertuang dalam perjanjian kerja sama yang ditandatangani oleh pucuk pimpinan kedua instansi. Di akhir kegiatan, delegasi diundang untuk melakukan kunjungan ke Indonesia Maritime Information Center) (IMIC) Bakamla RI.

SOM merupakan implementasi kerja sama yang didasarkan pada dokumen Pengaturan (Arrangement) antara Bakamla RI dan ABF mengenai Kerja Sama Maritim yang telah berlangsung sejak November 2017 silam. Sebelumnya, SOM dilaksanakan tahun 2022 di Darwin, Australia. Dari pertemuan tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan dalam hal peningkatan kapasitas personel, pertukaran informasi, dan patroli terkoordinasi. (Kefas Hervin Devananda STh )

 

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!