Ditjen Bina Keuda Kemendagri Sabet 5 Kategori Penghargaan dari KPPN Jakarta IV

Kefaspelita
1708093481img 20240216 Wa0033
Spread the love

Jakarta – Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyabet lima kategori penghargaan atas kinerja pelaksanaan anggaran Tahun Anggaran (TA) 2023 dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jakarta IV. Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Kepala KPPN Jakarta IV Made Cana Armaya pada acara Stakeholder’s Day 2024 bertajuk “Spending Better, Sinergi Pengelola Keuangan Dukung Pembangunan Negeri” di Gedung KPPN Jakarta IV, Jakarta, Jumat (16/2/2024).

Adapun lima kategori penghargaan yang diraih oleh Ditjen Bina Keuda Kemendagri yaitu Juara 1 Nilai Indeks Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Terbaik Pagu Rp50-100 miliar, Juara 1 Nilai Validasi Surat Perintah Membayar (SPM) kategori 600 sampai dengan 1.200 SPM pada TA 2023, ⁠Juara 1 Transaksi DigipayOne Terbaik, Juara 3 Transaksi Kartu Kredit Pemerintah (KKP) Terbaik, dan Juara 3 Nilai Deviasi Halaman III Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Terbaik.

Pelaksana Harian (Plh.) Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuda Kemendagri Horas Maurits Panjaitan menyampaikan, pencapaian ini tidak lepas dari kerja keras seluruh unsur pada Satuan Kerja (Satker) Ditjen Bina Keuda. Butuh kerja keras dan kerja sama sehingga bisa berhasil meraih lima penghargaan, sekaligus menjadi instansi yang terbanyak meraih penghargaan.

“Prestasi yang diraih merupakan hasil kerja keras semua pihak lingkup Ditjen Bina Keuda dan komunikasi semua Unit Kerja Eselon I khususnya Biro Keuangan dan Aset Sekretariat Jenderal selaku koordinator pencapaian nilai IKPA Kemendagri, serta koordinasi dengan pihak terkait seperti KPPN, Direktorat Pelaksanaan Anggaran Ditjen Perbendaharaan dan DJA (Ditjen Anggaran) Kementerian Keuangan,” katanya.

Maurits mengungkapkan, berdasarkan penilaian IKPA, Satker Ditjen Bina Keuda tahun 2023 memperoleh nilai sebesar 99,99 persen atau mengalami kenaikan mencapai 4,26 persen dari tahun 2022 yang sebesar 95,73 persen, sedangkan capaian realisasi anggaran tahun 2023 sebesar 99,40 persen.

Oleh karenanya, Maurits memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran dan staf Ditjen Bina Keuda atas prestasi dan pencapaian tersebut. Capaian kinerja itu sekaligus melengkapi tiga capaian kinerja di semester I tahun 2023 (peringkat 1 terbaik nilai IKPA pagu besar, peringkat 2 terbaik transaksi Digipay, dan peringkat 5 terbaik transaksi KKP).

“Hal ini merupakan cerminan atas prinsip spending better yang digaungkan Kementerian Keuangan bahwa ukuran keberhasilan suatu Kementerian/Lembaga atau Satuan Kerja dalam pengelolaan keuangan saat ini tidak hanya didasarkan pada indikator realisasi anggaran, yaitu semakin tinggi realisasi anggaran pada akhir tahun anggaran maka semakin baik kinerja pengelolaan keuangan,” ujarnya.

Dengan prestasi tersebut, Maurits berharap terciptanya kompetensi positif di antara semua satker guna berkontribusi terhadap nilai IKPA KPPN Jakarta IV, mengingat capaian IKPA seluruh satker mitra kerja KPPN Jakarta IV akan berbanding lurus dengan capaian IKPA KPPN Jakarta IV secara keseluruhan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada satker kami. Hal ini tentu menjadi pelecut kami agar tidak boleh berpuas diri apalagi bersantai atas apa yang telah diraih, mengingat seluruh satker mitra kerja KPPN Jakarta IV sudah mulai berfokus pada IKPA secara keseluruhan dan tidak hanya berpikir realisasi anggaran,” tuturnya.

Dalam acara itu, kelima penghargaan tersebut diterima secara langsung oleh Kepala Bagian Keuangan Sekretariat Ditjen Bina Keuda Andriyani. Ia mewakili Horas Maurits Panjaitan yang merupakan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Satker Ditjen Bina Keuda Kemendagri.

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!