Mendagri Resmi Lantik Sekda SF Hariyanto sebagai Penjabat Gubernur Riau

Kefaspelita
1709200527img 20240229 Wa0031
Spread the love

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian melantik Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau SF Hariyanto sebagai Penjabat (Pj.) Gubernur Riau menggantikan Edy Nasution. Pelantikan berlangsung di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Kamis (29/2/2024). Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 36/P Tahun 2024 tentang Pengesahan Pemberhentian Gubernur Riau dan Pengangkatan Pj. Gubernur Riau.

Dalam sambutannya, Mendagri berharap, amanah yang diberikan tersebut dapat dijalankan dengan baik. “Tolong kepercayaan yang diberikan pimpinan negara Bapak Presiden dengan menandatangani Keppres tentang penjabat ini agar dijalankan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Dia mengatakan, apabila amanah tersebut dijalankan dengan baik, maka akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, sekaligus kebanggaan keluarga. Namun, jika amanah ini disalahgunakan tentu bakal menimbulkan risiko. “Itu saya minta jalankan dengan baik, berikan contoh kepada staf,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mendagri membeberkan berbagai upaya yang perlu dilakukan SF Hariyanto agar menjadi pemimpin yang kuat. Menurutnya, pemimpin yang kuat tidak hanya ditopang oleh struktur pimpinan di atasnya, tapi juga dukungan dari jajaran di sekitarnya. Karena itu, dia mengimbau agar Hariyanto dapat membangun hubungan baik dengan jajarannya, termasuk bupati/wali kota dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Tak hanya itu, SF Hariyanto juga perlu membangun hubungan yang baik dengan masyarakat sehingga mendapat dukungan terhadap berbagai program yang dijalankan. Langkah itu misalnya dengan rajin turun ke lapangan menemui masyarakat untuk menyerap berbagai aspirasi.

“Kemudian memiliki pijakan yang kuat, fondasi yang kuat untuk kokoh berdiri yaitu kepercayaan rakyat, yaitu disukai rakyat,” jelas Mendagri.

Selain itu, Mendagri juga mendorong Pj. Gubernur Riau agar memiliki konsep mengenai program yang perlu dikerjakan. Terlebih Provinsi Riau merupakan daerah penting dengan jumlah penduduk yang terbilang banyak dengan sumber daya alam melimpah. Dia menekankan agar Pj. Gubernur Riau dapat memperkuat kapasitas masyarakat untuk mengelola sumber daya alam tersebut.

“Dibuat program-program untuk memperkuat sumber daya manusianya menjadi tenaga kerja yang unggul, terampil, berwawasan luas, dan sehat,” jelasnya.

Pewarta Mike

Editor #RomoKefas

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!