Konsultasi KGPM 2023: Membangun Kesatuan Kasih, Jiwa, dan Tujuan dalam Gereja Protestan Minahasa

Han_up2000
Img20230712135859
Spread the love

Jakarta, pelitanusantara.com, 12/07/2023 – Berlangsung dari tanggal 11 hingga 13 Juli 2023, Konsultasi Badan Pimpinan Sidang (BPS) Kerapatan Gereja Protestan Minahasa (KGPM) tahun 2023 telah sukses digelar di Swiss Belresidences Jakarta. Kegiatan yang dihadiri oleh lebih dari 100 peserta dari berbagai wilayah Indonesia tersebut bertujuan untuk memperkuat kesatuan dalam gereja dan membahas tema yang diangkat, yaitu “Satu Kasih, Satu Jiwa, Satu Tujuan”.

Dalam konferensi pers di lokasi kegiatan, Ketua Panitia, Pnt. Samuel Kowaas, menjelaskan bahwa Konsultasi BPS KGPM 2023 merupakan program yang dilaksanakan atas inisiatif pimpinan dari majelis gembala KGPM di Jakarta. Rapat konsultasi ini merupakan forum pimpinan Sidang dalam KGPM yang membahas berbagai isu dan strategi gerejawi. Tercatat sekitar 106 peserta hadir dalam kegiatan ini, mewakili berbagai wilayah Indonesia di mana terdapat keberadaan KGPM.

Samuel Kowaas menegaskan bahwa KGPM bukanlah gereja yang hanya berorientasi pada satu suku. Sejak tahun 1933, gereja ini telah hadir di Jakarta dan saat ini terdapat sekitar 30 gereja KGPM di wilayah Jabodetabek. Hal ini menunjukkan eksistensi gereja tersebut yang melampaui batasan-batasan etnis dan suku.

Lebih lanjut, Kowaas menjelaskan makna tema konsultasi, yaitu satu kasih, satu jiwa, satu tujuan. Ia menyampaikan bahwa sebagai gereja, baik secara individu maupun sebagai kelompok anak-anak Tuhan, kita harus menjadi berkat dan saluran keselamatan bagi semua orang di mana pun kita berada. Keselamatan tidak hanya menjadi milik pribadi, tetapi harus dibagikan kepada setiap orang. Untuk menyebarkan kabar baik tersebut, dibutuhkan kesatuan kasih, kesatuan jiwa, dan kesatuan tujuan yang melampaui perbedaan yang ada.

Dalam konteks KGPM sebagai gereja perjuangan, Samuel Kowaas menekankan bahwa meskipun kemerdekaan telah diraih, perjuangan belum selesai. Mengisi kemerdekaan bukanlah hal yang mudah seperti merebutnya. Perjuangan saat ini adalah melawan kemiskinan dan ketidakadilan. KGPM siap berkolaborasi dengan pemerintah sebagai mitra dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan yang lebih luas.

Selama konsultasi, para peserta mendapatkan materi yang bertujuan untuk membuka wawasan dalam pengembangan dan pembangunan gereja. Mereka membahas bagaimana menciptakan terobosan yang inovatif dan kreatif. Tugas BPS adalah untuk melayani dengan mengikuti ajaran Tuhan Yesus. Harapan di masa depan adalah agar KGPM dapat terus berkembang dan tumbuh dengan menjunjung tinggi nilai-nilai rohani, bukan hal-hal yang bersifat duniawi.

Saat ini, KGPM memiliki kehadiran yang signifikan di beberapa wilayah Indonesia, termasuk Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat, dengan total 245 sidang yang aktif.

Dengan berakhirnya Konsultasi Badan Pimpinan Sidang Kerapatan Gereja Protestan Minahasa (KGPM) 2023, diharapkan gereja-gereja KGPM dapat terus memperkokoh kesatuan, mewujudkan kasih yang sejati, dan mengembangkan tujuan mulia dalam melayani Tuhan dan masyarakat.APM

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!