Jangkau Komunikasi Lebih Luas, Personel Satbrimob Polda Banten Lakukan Terobosan Aplikasi Zello

  • Bagikan

Serang – Guna mempermudah kinerja anggota Polri khususnya anggota Satbrimob Polda Banten di lapangan, Personel Satbrimob Polda Banten lakukan inovasi pada penggunaan alat komunikasi Handy Talkie (HT) yang dihubungkan melalui smartphone yaitu menggunakan aplikasi zello.

Aplikasi zello PTT (Push to Talk) Walkie Talkie ini merupakan fitur berbagi pesan yang dapat diunduh untuk sistem operasi Android dan IoS. Aplikasi ini memungkinkan orang berbagi pesan dan berbicara dengan anggota lain dalam sebuah grup besar, dan dihubungkan melalui gateway interface dan dapat berkomunikasi dengan Handy Talky (HT).

Kasie TIK Satbrimob Banten Iptu Isyanta mengatakan bahwa, “Penggunaan aplikasi Zello untuk mempermudah anggota berkomunikasi dalam tugas dilapangan bilamana dalam penugasan tidak terjangkau area jangkauan repeater (blank spot), maka alternatif lain kita mempergunakan aplikasi Zello, karena aplikasi ini mempergunakan kuota sebagai penghubung BTS provider lebih banyak tertancap diseluruh daerah hingga ke pelosok, maka dari itu bisa dipergunakan selama di smartphone tersebut terdapat signal dari provider yang dipakai,” kata Isyanta pada Jumat (07/01).

Lebih lanjut, Isyanta juga menjelaskan jika alat Gateway Interface terpasang di kantor Seksi TIK Satbrimob Polda Banten. “Alat ini bisa menjangkau seluruh dunia dan dapat berkomunikasi dimanapun dan kapanpun selama smartphone kita ada signal dan quota,” ujar Isyanta.

Sementara itu, Dansat Brimob Polda Banten Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho menambahkan bahwa inovasi tersebut untuk mendukung 16 program prioritas Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit yaitu PRESISI (Prediktif, Responsibilitas dan Transparasi Berkeadilan). “Tugas-tugas Polri harus dilakukan secara lebih inovatif melalui penerapan teknologi dan berbasis bukti, untuk mewujudkan smart policing. Sebab saat ini, globalisasi yang didukung kemajuan teknologi,” ucap Dwi Yanto Nugroho.

Diakhir, Dwi Yanto Nugroho mengatakan bahwa digitalisasi saat ini telah berkembang pesat dan Satbrimob Polda Banten terus melakukan inovasi berbasis teknologi informasi supaya dapat terus meningkatkan kemampuan. ( Nena – Pelitanusantara.com )

  • Bagikan