Ini Pesan Bupati Saat Pelantikan Ketarunaan Angkatan XII SMKN 2 Sragen

Kefaspelita
Screenshot 20230614 093931
Spread the love

SRAGEN – Pelitanusantara.com Sebanyak 628 siswa SMKN 2 Sragen Angkatan XII dari berbagai jurusan resmi dilantik menjadi taruna oleh Bupati Sragen yang ditandai dengan penyiraman air. Pelantikan yang dilakukan di halaman SMKN 2 Sragen dihadiri juga oleh para orangtua murid yang menyaksikan penuh rasa haru, Selasa (13/6/2023).

Kepala Sekolah SMKN 2 Sragen Sutikno mengatakan sebelum dilantik, calon taruna telah mendapatkan latian dasar ketarunaan seperti kedisiplinan, baris-berbabaris, regius, daya juang, dan kurikulum ketarunaan.

“Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya ini telah melalui latian dasar selama satu tahun dan wajib diikuti oleh calon taruna kelas X yang bertujuan untuk membekali anak-anak agar kedepan menjadi anak-anak pilihan. Tahun ini telah memasuki tahun ke-XII.”ujar Sutikno.

Ditambakannya, ketarunaan di SMKN 2 Sragen telah dimulai 12 tahun yang lalu, dan mengadopsi sekolah ketarunaan di Jawa Barat kemudian menjadi program khusus ketarunaan di sekolah ini. Kurikulum yang dijalankan sudah tergabung dalam kegiatan P5 (Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan ketarunaan yang dilaksanakan tahun2022/2023.

“Dengan ketarunaan hal ini membentuk pola pikir, daya juang, bagaimana beradaptasi terhadap masyarakat menjadi lebih baik. Kelak mereka ini akan bergerak dibidang industri dimasyarakat, dan menjadi pemimpin dimasyarakat.”katanya.

Bupati Sragen dr. Kusinar Untung Yuni Sujowati menyatakan apresiasi penuh kebanggaan dan kebahagiaan atas pelantikan ketarunaan SMK N2 Sragen yang dilaksanakan dengan khidmad.

“Ada prestasi, ada dedikasi para taruna yang telah menyelesaikan latihan dalam kurun waktu satu tahun. Ibu merasa terharu kepada kalian semua ditengah generasi Z yang sangat luar biasa dan penuh tantangan. Kalian bisa menunjukkan bahwa generasi ini adalah generasi yang hebat.”ucap Bupati.

Ia menambahkan sebagai generasi yang luar biasa, diharapkan mampu menjaga bangsa dan negara Indonesia dan membuat negara ini menjadi negara yang kebih baik.

Dijelaskannya, pelantikan ini merupakan salah satu langkah terpenting dalam kehidupan. Seluruh taruna telah menyelesaikan satu tahap perjuangan. Bangsa ini adalah bangsa pejuang. Bukan bangsa yang pemalas.

Untuk itu Ia minta anak-anak terus berjuang meraih masa depan yang sukses. Dalam perjalanan kedepan Ia ngin mengingatkan pentingnya menjaga integritas, disiplin dan kerja keras. Jadilah taruna yang bertanggung jawab.

“Dedikaskanilah setiap tugas yang diemban. Selesaikan semua tugas yang diberikan dengan tuntas. Dengan keamampuan yang terbaik. Terus belajar dan terus beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi diduna ini. “tegasnya.

Ia berpesan agar anak-anak terus berupaya berkembang meraih kesuksesan. Bangsa kita masih bergulat dengan dunia anak-anak muda agar terhindar dari narkoba, pergaulan bebas, dan juga radikalisme.

Tiga hal tersebut harus menjadi perhatian. Bila ingin sukses membawa bangsa ini terbang menjadi bangsa yang hebat maka jauhi narkoba, jangan lakukan seks pra nikah, cintai bangsa ini, dan NKRI harga mati.

 “Jangan takut menghadapi tantangan. Karena setiap tantangan terdapat peluang untuk tumbuh dan berkembang. Tantangan kedepan akan tidak mudah. Sukses selalu semoga apa yang kalian cita-citakan bisa terwujud. “pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!