Bogor dan Cianjur PPKM Level 4, Jalur Puncak Tetap Padat Wisatawan dan Macet

  • Bagikan

BOGOR,PELITANUSANTARA.COM  – Kawasan Puncak di Kabupan Bogor dan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, tetap padat pengunjung di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM. Dua kabupaten ini masuk status PPKM Level 4 di mana mobilitas masyarakat mulai longgar, meski destinasi wisata tetap tutup.

Suasana di Jalur Puncak – Cianjur, Jawa Barat, tetap ramai sejak Minggu siang hingga malam, 22 Agustus 2021. Sebagian kendaraan yang terjebak antrean bernomor polisi dari Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Antrean kendaraan memanjang dari kedua arah, baik yang menuju Cianjur maupun Bogor.

Sebagian besar pengendara beserta penumpang kendaraan itu ingin masuk ke sejumlah destinasi wisata. Namun mereka terpaksa putar balik karena tempat yang dituju belum buka. Seorang wisatawan asal Jakarta Timur, Cindy, 32 tahun, mengatakan ingin masuk ke Kebun Raya Cibodas.

“Kami tidak tahu kalau destinasi wisata di Puncak tutup. Sempat terjebak macet di Jalur Puncak sampai ke Cibodas,” kata Cindy saat ditemui di kawasan Kebun Raya Cibodas, Minggu 22 Agustus 2021. Cindy menduga dengan pelonggaran PPKM, maka aktivitas di destinasi wisata kembali berjalan. Namun perkiraan itu keliru.

Sejumlah kendaraan menuju Jalan Raya Puncak terjebak kemacetan di kawasan Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu, 11 Agustus 2021. Tingginya antusiasme warga untuk berlibur di kawasan Puncak Bogor pada libur Tahun Baru Islam 1 Muharam 1443 Hijriah membuat kepadatan di jalur tersebut dan Sat Lantas Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup jalur untuk mengurai kemacetan. (documen)

Setelah mengetahui Kebun Raya Cibodas masih tutup, Cindy bersama rombongan kembali ke Jakarta sambil menunggu pemberlakuan sistem satu arah. Wisatawan lainnya bernama Sukardi, 35 tahun, mengatakan terjebak macet di kawasan Cipanas. “Saya dan keluarga mau wisata kuliner di Cipanas. Saat hendak pulang, antrean kendaraan sudah panjang,” kata pria asal Depok ini.

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Cianjur, Ajun Komisaris Mangku Anom Sutresno mengatakan, antrean kendaraan di Jalur Puncak, dari arah Bogor menuju Cianjur, sudah terjadi sejak Minggu pagi sampai sore. Petugas menerapkan rekayasa arus lalu lintas, termasuk sistem buka tutup satu arah sepanjang hari. “Kendaraan didominasi nomor polisi luar kota,” katanya. Kondisi sempat macet total alias antrean kendaraan sempat tak bergerak.

Para pengendara umumnya hendak masuk ke sejumlah destinasi wisata, seperti Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara, Savilage Puncak, dan Kota Bunga Cipanas. Namun semua tempat wisata itu tutup. Selain volume kendaraan yang cukup padat, kemacetan juga dipicu oleh kendaraan yang masuk keluar destinasi wisata atau sekadar putar balik. Kepadatan lalu lintas di Jalur Puncak ini baru terurai menjelang tengah malam. (Romo Kefas)

  • Bagikan