Aplikasi Lancang Kuning Terbukti Tekan Karhutla, Projo Riau Berikan Kapolda Riau Penghargaan

  • Bagikan

Riau – Pelitanusantara.com Projo Riau berikan penghargaan kepada Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi atas keberhasilan penanggulangan Karhutlah menggunakan teknologi 4.0 lewat aplikasi Dashboard Lancang Kuning (22/03/21).

Projo Riau memberikan apresiasi karena aplikasi Dashboard Lancang Kuning memperlengkap upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla.

Ketua Projo Riau, Sonny Silaban mengatakan Dashboard Lancang Kuning merupakan hasil kerja keras Polda Riau yang dimanfaatkan untuk mencegah dan menanggulangi karhutla di Bumi Melayu.

“Saya ucapkan terimakasih atas aplikasi Dashboard Lancang Kuning Nusantara yang telah terbukti dan sangat bermanfaat bagi masyarakat Riau. Semoga aplikasi ini bisa semakin memberikan kemudahan bagi kita semua untuk pencegahan dan penanggulangan Karhutla Riau,” ucap Sonny Silaban.

Penghargaan diterima langsung Kapolda Riau, karena dinilai telah berhasil menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dengan menciptakan aplikasi pemantau titik api, yaitu Aplikasi Dashboard Lancang Kuning.

Dashboard Lancang Kuning yang beberapa waktu lalu diluncurkan secara resmi oleh Kapolri Jenderal Idham Aziz bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bisa mendeteksi hotspot atau titik panas dari jarak jauh sehingga Riau bebas dari asap karhutla dan langit menjadi biru,” ucap Ketua Projo Riau.

Sonny juga menambahkan kalau Aplikasi Dashboard Lancang Kuning Nusantara yang dikembangkan Kepolisian Daerah Riau, kini menjadi rujukan untuk pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan secara nasional.

Kapolda Riau dalam pertemuan tersebut menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Projo Riau yang telah mengapresiasi kerja dan upaya para personil polisi dalam penanganan karhutla di Riau.

Kapolda Riau juga mengajak organisasi di Riau saling bahu membahu dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengatakan aplikasi Dashboard Lancang Kuning sebagai deteksi dini menggunakan penginderaan jarak jauh dan bisa mengetahui kondisi secara real time (terkini).

“Saya setiap pagi cek aplikasi Dashboard Lancang Kuning, apabila ada titik api terpantau saya langsung hubungi personil dilapangan untuk mengetahui situasi dan kondisi lapangan” ucap Kapolda Riau.

Pemberian penghargaan yang berlangsung di lantai 5 gedung Polda Riau tersebut selain dihadiri oleh Ketua Projo Riau, juga hadir Sekretaris, Nata Hedy Nyo, Wakil Sekretaris, Devi Sukaesi, dan Infkokom Projo Riau, Pagar Parlindungan Sianturi dan Kapolda Riau didampingi Dirbinmas, Kombes Pol Kris Pramono. (PG/PN)

  • Bagikan