Wakil Bupati Sleman Buka Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting.

yupiterjogja
Img 20231113 Wa0099
Spread the love

SLEMAN – PN NEWS, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa membuka Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting yang diselenggarakan di RM Pringsewu, Senin (13/11/2023), Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan BKKBN DIY, Andi Ritamariani.

Danang Maharsa,SE menyampaikan bahwa, pada tahun 2022 angka prevalensi stunting Kabupaten Sleman berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) berada di angka 15 persen yang dimana turun 1 persen dari tahun 2021. Sesuai dengan RPJMN Indonesia, Wakil Bupati Sleman mengatakan akan melakukan berbagai upaya percepatan penurunan stunting salah satunya dengan membentuk tim tenaga ahli dari kalangan akademisi untuk mencapai target 14 persen.

Percepatan penurunan ini tidak lepas dari proses yang dilakukan oleh TPPS Sleman dalam melakukan upaya penurunan angka stunting. Oleh karenanya, penurunan stunting adalah concern Pemkab Sleman untuk mewujudkan generasi emas dan mewujudkan Indonesia Emas, jelasnya.

Img 20231113 Wa0098

Wakil Bupati Sleman menambahkan, TPPS Sleman sudah melakukan monev di Kalurahan-Kalurahan untuk memantau serta mencari permasalahan tim Kalurahan untuk menjadi masukan dalam mengambil langkah terpadu, masif, dan terintegrasi demi mewujudkan Sleman zero stunting atau tidak ada penamabahan kasus stunting baru.

Harapannya dengan forum koordinasi ini menjadi sarana berdiskusi dan menentukan langkah konkret yang terintegrasi, terpadu dan masif sehingga mewujudkan percapatan penurunan stunting dan Sleman zero stunting pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN DIY, Andi Ritamariani mengatakan dalam rangka melihat perkembangan pelaksanaan percepatan penurunan stunting, pelaksanaan forum koordinasi ini bertujuan membahas blueprints percepatan penurunan stuntting antara lain data pemantauan status gizi, pemberian makanan tambahan, tim pendamping keluarga, pelaksanaan mini lokakarya bapak asuh anak stunting dan konvergensi.

Untuk Kabupaten Sleman luar biasa presentase penurunan stuntingnya yakni dari angka 16 persen menjadi 15 persen. Terbaik dari rata-rata 5 Kab/Kota di DIY.

Kedepan BKKBN akan membantu mendampingi dan menganalisis pelaksanaan percepatan penurunan stunting di Sleman. (Ome)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!