Pemda Kabupaten Sleman, Kembali Menggelar Pameran Potensi Daerah 2023.

yupiterjogja
Img 20230623 Wa0017
Spread the love

SLEMAN-PN NEWS, Dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Sleman ke -107, Pemkab Sleman akan menggelar Pameran Potensi Daerah tahun 2023, hal ini disampaikan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo pada pers confrence ,Jumat (23/6/2023), bertempat di Pendopo Parasamya Sleman, didampingi Ass.Sekda Bidang Pemerintahan., Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan., Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Kepala Dinas Kominfo.

Bupati Sleman dalam keterangannya mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan dan mempromosikan berbagai potensi daerah dan kebudayaan yang terdapat di 17 Kapanewon, produk unggulan UMKM Sleman serta prestasi dan inovasi perangkat daerah Pemkab Sleman.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai 7 -16 juli 2023, bertempat digedung serbaguna dan komplex lapangan Denggung, mulai pukul 09.00-21.00 wib, dengan jumlah stand sebanyak 325 stand yang terbagi dalam 9 zona, diantaranya BUMD, Kuliner, Pendidikan, UMKM, perangkat Daerah, pertanian serta otomotif dan multi produk.

Rangkaian pembukaan Pameran Potensi Daerah (PPD) sabtu (8/7) akan dimeriahkan dengan kirab kebudayaan, dimulai dari Lapangan Pemda dan finish di lapangan Denggung, dimeriahkan marching band, festival busana, serta penampilan bregodo dengan total partisipan kurang lebih 500 peserta.

Pada kegiatan Pameran Potensi Daerah ini akan dimeriahkan dengan ragam acara, diantaranya pagelaran seni budaya dari tiap Kapanewon, talk show, temu komunitas, pentas seni , hiburan dan lomba menggambar dari pelajar PAUD, TK, SD, SMP dan Dinas Pendidikan, Sleman bersholawat,Job Fair, pelayanan perijinan dan kependudukan.

Assisten Sekda Bidang Pemerintahan Sleman, Aji Wulantara ,SH,H.Hum menambahkan bahwa peringatan hari jadi ke-107 Kabupaten Sleman tahun 2023, mengusung tema “Nyawiji lan Murakabi Sesarengan Mbagun Sleman”.

Selama kegiatan pameran ,semua pengunjung dapat menikmati fasilitas Wi-fi gratis, juga dapat memanfaatkan publikasi melalui mobile Radio untuk mempromosikan produk-produknya,ujar Kadis Kominfo.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdangangan, Dra.Raden Rara Mae Rusmi Suryaningsih,MT, menuturkan pelaksanakan PPD tahun ini kembali dilaksanakan setelah 3 tahun terhenti akibat Pandemi covid-19, diikuti oleh dinas-dinas terkait untuk memberikan pelayanan lasung kepada masyarakat diantaranya Dinas Perijinan akan memberi layanan dalam membuat nomor Induk berusaha.,Dinas Dukcapil untuk layanan pemutakhiran digitalisasi KK, dari RS Grahasia, akan memberikan layanan konsultasi gratis, dan konseling tumbuh kembang anak.

KPU tentang sosialisasi kegiatan Pemilu, Polresta Sleman akan mengadakan pelayanan SIM keliling, sementara 17 kapanewon akan menampikan produk dan kreatifitas masing-masing.

Sementara itu Kepala Disnakertran Sleman, menambahkan bahwa, selama gelaran Pameran Potensi Daerah berlangsung, juga dilaksanakan Mini Job Fair yang di ikuti 18 perusahaan melalui prosedur hadir langsung, drop CV atau secara daring, dengan tersedia 150 jabatan dengan lebih dari 1000 lowongan kerja di sektor riil , sektor ritail, kesehatan, kuliner, perhotelan dan keuangan, selama pelaksanaan Mini Job Fair tidak dipungut biaya (gratis).

Pada kegiatan job fair juga akan memberikan informasi program kegiatan Disnaker, UPTD BLK dan lembaga pelatihan kerja, sekaligus memperkenalkan aplikasi siap kerja sebagai layanan informasi ketenaga kerjaan secara nasional,tutur Sutiasih , Sp.MM.

Berdasarkan updating data ketenaga kerjaan Disnaker Kab Sleman tahun 2022 jumlah angkatan kerja 592.259 orang dan yang belum mendapatkan kerja (penganggur) 34.089 orang, penyebabnya adalah tidak diketahuinya informasi lowongan kerja di perusahaan atau pemberi kerja, pungkasnya. ( Ome)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!