Peduli Kesehatan Ibu dan Balita di Perbatasan, Satgas Yonif 643/Wns Bantu Posyandu

  • Bagikan

Sambas, Jum’at (19/11/21) – Pelitanusantara.com Peduli dengan kesehatan Ibu dan Balita di wilayah perbatasan, Satgas Pamtas Yonif Menkanis 643/Wanara Sakti membantu pelaksanaan Posyandu di Dusun Sempadan Desa Temajuk Kec. Paloh Kab. Sambas.

Bersama dengan Bidan Desa dan Kader Posyandu, personel kesehatan Pos Pamtas Temajuk dalam kegiatan ini melakukan diantaranya penimbangan balita, imunisasi, pemberian makanan tambahan gizi, vitamin untuk balita, serta pemeriksaan ibu hamil.

Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P., mengatakan, kesehatan balita menjadi target utama bagi pemerintah, sehingga dibutuhkan perhatian khusus untuk balita agar kesehatan mereka dapat terjamin. Cara yang dilakukan dengan memelihara dan meningkatkan kesehatan anak dalam bentuk pencegahan, pengobatan, dan pemulihan kesehatan ibu dan anak.

“Salah satu upaya yang dapat dilakukan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns mendukung program pemerintah itu yakni, dengan menggelar Posyandu rutin dan terjadwal bersama para tenaga kesehatan (Nakes) dari Puskesmas yang ada di wilayah perbatasan,” katanya di Pos Kotis Entikong.

Danpos Pamtas Temajuk Letda Inf Baso menambahkan Posyandu memiliki peran sangat penting. Melalui kegiatan ini dapat membantu mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Dalam kegiatan Posyandu disiapkan vitamin dan suplemen penambah darah bagi sang ibu, kemudian imunisasi Polio, BCG dan Campak.

Sementara itu, Koordinator Puskesmas Temajuk Ibu Sari, Amd.kep mengatakan, kehadiran personel kesehatan dari Pos Temajuk sangat membantu sekali dalam kegiatan posyandu ini.

Diakuinya, Puskesmas Temajuk saat ini masih kekurangan tenaga kesehatan. Sehingga membutuhkan bantuan tenaga kesehatan dari Satgas Pamtas Yonif 643/Wns.

“Terima kasih atas hadirnya TNI, yang turut mendukung dan membantu pelaksanaan kegiatan ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada satgas TNI yang telah mendukung pelayanan Posyandu Desa Temajuk,” ucapnya. (LF)

  • Bagikan