Optimisme Membangun Kota Bekasi Bersama

 

Kota Bekasi,Pelitanusantara.com Ditengah pandemi Covid-19 ada secercah asa dan optimisme dari sejumlah pihak yang dituangkan dalam sebuah tulisan menginginkan Kota Bekasi mampu berkembang dan berwawasan go Internasinal diregional Asean

Tulisan karya T.S Reza dan Makmur Heri S, berjudul “Membangun Kota Bekasi sebagai Kota Berwawasan ASEAN” hal tersebut bisa dimungkinkan terjadi.

Disebutkan karena sudah saatnya Kota Bekasi bisa lebih dari kota-kota lain di Indonesia dan cara berwawasan go internasional dapat dimulai dengan mengusung konsep Kota Bekasi Modern 2030-2050.

Keterangan penulis T.Syahrul Reza, selaku Associate Profesor di Institut Ilmu Sosial dan Manajemen ‘STIAMI’, Pendiri KOCIBEK (Komunitas Cinta Bekasi) dan Makmur Heri Santoso, selaku Associate Profesor di Sekolah Tinggi Teknologi Bina Tunggal, Ketua Aptisi Wil – IV A Jawa Barat.

Judul tulisan “Membangun Kota Bekasi sebagai Kota Berwawasan ASEAN”dari dua penulis ini merangkum buah pemikiran dan dapat menjadi bahan bacaan kita sejenak sebagai inspirasi dan motivasi semua stakeholder di Kota Bekasi.

Membangun Kota BEKASI Sebagai Kota Berwawasan ASEAN

Oleh T.S. Reza & Makmur Heri S

Dilihat dari berbagai segi, Kota Bekasi sungguh strategis letaknya, bukan saja terkoneksi langsung dengan DKI Jakarta sebagai Ibukota Jakarta namun dengan adanya jalan arteri kalimalang , jalan tol Becakayu dan jalan tol Jakarta–Cikampek, baik menuju ke Bandung maupun ke arah Jawa Tengah dan lanjutanya benar-benar membuat Kota Bekasi bak “Gadis Cantik” di persimpangan jalan.

Dengan posisi demikian itu mestinya Kota Bekasi harus lebih unggul dalam banyak hal dibandingkan Kota lain yang letaknya jauh dari Ibukota Negara bahkan di luar Jawa. Visi Kota Bekasi justru harus one step ahead, harus satu-dua langkah kedepan, bukan lagi mengacu pada pencapaian Kota – Kota lain di Indonesia namun harus menjadi salah satu The Best City of ASEAN Countries.

Pertanyaan yang harus mampu kita jawab, bagaimana mewujudkanya? Tulisan ini bermaksud memberi gagasan bagaimana menjadikan Kota Bekasi berwawasan ASEAN.

Penghargaan Tingkat Provinsi/Lokal

Prestasi telah diraih Kota Bekasi pada tingkat lokal (Jawa Barat) diantaranya peringkat pertama kategori Pemerintah Daerah pada ajang BPJS Ketenagakerjaan award (2018), Penghargaan WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan perwakilan Jawa Barat (2018), Penghargaan Kategori Layanan kesehatan ramah anak tingkat Jawa barat (2019), Penghargaan peringkat 1 monitory dan evaluasi transparasi, Partisipasi dan akuntabilitas Badan Publik dari KIP (Komite Informasi Publik) Jawa Barat.

Sejumlah prestasi tersebut diatas telah menunjukan kemampuan Kota Bekasi yang patut diapresiasikan dari 27 Kabupaten dan Kota di Jawa Barat. Selain mengapresiasi prestasi yang sudah diraih tentu harus terpacu untuk meraih lebih banyak kategori dari sejumlah bidang dan serta pembangunan bukan saja di tingkat lokal Jawa Barat namun mempertahankan serta meningkatkan kemampuan ke peringkat Nasional.

Penghargaan Tingkat Nasional

Beberapa prestasi tingkat Nasional yang telah diraih Kota Bekasi di tingkat Nasional diantaranya Harmoni Award dari kementrian Agama (2018), Peringkat B Sistem Akuntabilitas Kinerja Instasi dari Kemenpan RB, Penghargaan Kota Layak Anak kategori Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak RI (2019), Penghargaan Penyelenggara Layanan Publik kategori A dari Kemenpan RB, Penghargaan Kota Peduli HAM dari Kemenkum dan HAM RI (2018), serta penghargaan Top IT Digital Award kategory Inovasi Pembangunan.

Disamping itu Walikota dan Wakil Walikota juga meraih sejumlah penghargaan diantaranya TOP Pembina BUMD, _Best Policowave Carrera Achifment_ dan sejumlah pengakuan lainnya.

Tentu saja sejumlah penghargaan dan pengakuan diatas menunjukan kinerja dan kemampuan Kota Bekasi untuk terus berkreasi dan berinovasi dengan menjadikan Visi Kota Bekasi yang Cerdas – Kreatif – Maju – Sejahtera dan Ihsan Dengan Misi meningkatkan kapasistas tata kelola Pemerintahan yang baik (Good Governace), Mengembangkan prasarana dan sarana Kota yang maju, meningkatkan perekonomian berbasis potensi jasa kreatif pedagang yang bersaing, mengembangkan kualiatas kehidupan masyarakat yang berpengetahuan sehari dan akhlak mulia, Kreatif dan Inovatif.

Kota Bekasi Go Internasional

Era kini sudah boardeerless, tanpa batas (skat) wilayah, Negara dan teritorial. Mencapai dan meraih prestasi di tingkat lokal dan Nasional sudah merupakan suatu keharusan sesuai regulasi dan ketentuan pemerintah namun bila mampu meraih prestasi dan pengakuan Internasional tentu merupakan suatu capaian yang patut dibanggakan.

Kota Bekasi yang bernuansa metropolis dan dihuni oleh mayoritas penduduk yang well educated mestinya lebih mudah diajak berorientasi ke level Internasional. Saatnya Kota Bekasi berfikir “one step a head”  selangkah lebih di depan dibanding Kota lain. Justru dengan mengusung visi dan orientasi Kota Bekasi ke ranah Internasional akan mengangkat (raised) dan mengakselerasi semua stake holder Kota Bekasi untuk _look forward_.

Upaya yang mengarah ke Internasional Standard of Public Services harus dimulai dari kepemimpinan Kota Bekasi 2023 kedepan dengan mengusung konsep Kota Bekasi modern 2030 – 2050. Para konstituen muda akan lebih melihat calon pimpinan daerah kedepan yang bisa membanggakan mereka dan juga kotanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *