Masihkah ada Kasih?

 

“Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.”…1 Korintus 13:13

Saat Teduh,Pelitanusantara.com | Jikalau kita perhatikan kondisi dunia saat ini sudah semakin rusak dan kejahatan semakin meningkat. 2 Timotius 3:1 dan seterusnya menerangkan tentang hal itu, “Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. Manusia akan mencintai dirinya sendiri …” Namun Tuhan memberikan nasihat bagi kita, karena Ia tahu kita hidup di masa yang jahat, “Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa pun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu…Matius 5:39. Marilah kita coba perhatikan seorang Samaria dalam kisah seorang yang di rampok di aniaya dan jika kita bandingkan dengan seorang imam dan seorang lewi…yang di akhir cerita tersebut Yesus menegaskan kepada kita bagaimana kita harus melakukan halbyang baik yang meninjukan kasih itu masih ada pada kita.

PerhatikanI Yohanes 4:16b mengatakan bahwa: “Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia.” Dan ketika kita ada di dalam Allah maka Yohanes 15:5b katakan: “Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.” Dan “Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.” …Yohanes 15:7. Inilah kepenuhan hidup, dan semuanya diawali dengan kasih. Tuhan mau kita hidup dalam kepenuhan yang Dia sediakan. Dan kasih memungkinkan kita hidup dalam kepenuhan itu.

Jika kita tinggal di dalam kasih, maka Allah tetap tinggal di dalam kehidupan kita, dan itu berarti kita akan hidup di dalam damai yang kuat, tanpa ketakutan. Sebab “Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.” …1 Yohanes 4:18. Kasih mengawali kehidupan berkemenangan yang menyeluruh. Maka awali dengan; “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” …Lukas 10:27. “Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa.”..1 Petrus 4:8. Tuhan Yesus memberkati.

Pdt.Ricardo RJ Palijama Sekretaris BM Sinode EMC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *