Jangan lengah tetap bertahan

  • Bagikan

…”Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia.”…Lukas 21:36

Pelitanusantara.com | Perintah untuk berjaga-jaga dimaksudkan agar kita tetap waspada sekalipun kita tidak melihat adanya musuh kehidupan di sekeliling kita. Ketika keadaan tenang dan damai, segala sesuatu berjalan dengan begitu baik, maka disitulah seharusnya kita tetap berjaga-jaga. Karena si musuh tetap mengintai dan firman Tuhan telah memperingatkan kita agar berjaga-jaga senantiasa. Dalam Lukas 4:13 firman Tuhan memperingatkan kita akan adanya suatu bahaya jika kita menjadi lengah, dikatakan demikian: “Sesudah Iblis mengakhiri semua pencobaan itu, ia mundur dari pada-Nya dan menunggu waktu yang baik.” Ketika masa-masa sulit terjadi dalam hidup kita, mungkin saja kita menjadi waspada dan berjaga-jaga dalam doa kita, namun ketika keadaan telah menjadi tenang dan semuanya baik-baik saja, dan kita menjadi lupa berjaga-jaga dalam doa dan hidup di dqlam kebenaranNya, maka itu menjadi waktu yang baik bagi si iblis untuk menyerang kita.

Jangan lengah sedikitpun, semua tidak ada yang pasti, semua dapat berubah kapan saja dan seperti apa saja, sesuai yang diizinkan Tuhan. Itu sebabnya kita tidak dapat berpegang pada apapun juga, segalanya dapat berubah dalam sekejap dan untuk segala sesuatu ada masanya, tak ada yang pasti kecuali Firman-Nya. Yang tidak berubah hanyalah Tuhan yang menjadi penanggung jawab atas hidup kita, dan hanya di dalam Dia saja kita menjadi aman dan tenang. Caba lihatlah hari-hari ini dengan segala sesuatu yang terjadi di sekitar kita, bukankah memberi sinyal kepada kita bahwa hari-hari ini begitu jahat? Keadaan kita dalam pemeliharaan-Nya tapi sadarilah bahwa dunia sedang bergejolak, menandakan kedatangan Tuhan yang semakin dekat. Perbatikan.” Efesus 5:15-17. Tuhan ingatkan juga kepada kita dalam Lukas 21:34…jagalah dirimu…Tapi bila kita tekun berdoa dan terus membangun hubungan dengan Tuhan, Roh Kudus akan memberi kekuatan dan melindungi kita dari segala tipu muslihat kuasa jahat. “Sebab itu siapa yang menyangka, bahwa ia teguh berdiri, hati-hatilah supaya ia jangan jatuh!” …1 Korintus 10:12….Tuhan Yesus memberkati.

Pdt.Ricardo RJ Palijama Sekretaris BM Sinode EMC

  • Bagikan