Peserta PKN II 2024 Harus Usulkan Inovasi Nyata untuk Kemajuan Bangsa

Kefaspelita
Kominfo 460
Spread the love

Jakarta, Pelitanusantara.com – Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II (PKN II) Angkatan XVIII Tahun 2024, harus mengusulkan inovasi yang memberikan manfaat nyata untuk masyarakat dan kemajuan bangsa.

Demikian dikatakan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Hary Budiarto, dalam keterangannya terkait pembukaan PKN II Angkatan XVIII Tahun 2024 di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Kominfo, Jakarta, pada Senin (10/6/2024).

“Kita harus memastikan bahwa setiap inovasi yang kita usulkan benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat dan berkontribusi untuk kemajuan bangsa,” kata Kepala BPSDM Kominfo.

Menurut Hary Budiarto, inovasi yang berdampak nyata dari pemimpin organisasi lembaga pemerintah merupakan salah satu upaya mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Oleh karena itu, setiap pemimpin peserta PKN II diwajibkan memiliki sikap visioner dan berkomitmen tinggi.

“Visi Indonesia Emas 2045 ini merupakan tanggung jawab kita semua, sebagai langkah awal kita membutuhkan pimpinan yang visioner, inovatif, dan berkomitmen tinggi,” tuturnya.

Hary Budiarto menyatakan, pelatihan itu juga akan mendorong peserta memiliki pengetahuan tentang teknologi digital terkini untuk melahirkan inovasi baru.

Hal ini karena dalam PKN II, peserta mendapatkan beberapa materi tambahan tentang keahlian di bidang digital seperti kecerdasan artifisial atau artificial intelligence (AI) dan enterprise architecture yang merupakan bagian dari Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Kami berharap kita bisa memberikan beberapa hal, kompetensi-kompetensi terutama di bidang digital,” tutup Kepala BPSDM Kominfo.

Pelatihan dengan tema “Percepatan Inovasi Digital dalam Mendukung Transformasi Tata Kelola Pemerintahan untuk Mewujudkan Bangsa yang Kompetitif” berlangsung dari 10 Juni sampai dengan 17 Oktober 2024.

Pelatihan itu diikuti 50 orang peserta yang terdiri atas 24 orang dari Kementerian Kominfo, tujuh orang pegawai LPP TVRI, enam orang dari Kepolisian Republik Indonesia,  lima orang dari Kementerian PPN/Bappenas, dua orang dari Ombudsman RI dan masing-masing satu orang dari Lembaga Administrasi Negara, Pemerintah Provinsi Bengkulu,

Turut hadir dalam acara ini, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Muhammad Taufiq, Inspektur Jenderal Kementerian Kominfo Arief Tri Hardiyanto, Direktur Utama LPP TVRI Imam Brotoseno, Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Suhendra, dan perwakilan kementerian dan lembaga serta peserta PKN II Angkatan XVIII Tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Lebak, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, Pemerintah Kota Kendari, dan Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan.

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!