Perpustakaan Kreatif Mudal, Perpustakaan Desa dengan Berbagai Layanan

Temanggung,Pelitanusantara.com  – Guna mendukung peningkatan minat baca, serta ikut memberikan kegiatan positif, khususnya kepada kaum muda dan anak-anak, Pemerintah Desa Mudal, Kecamatan/Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah mendirikan Perpustakaan Kreatif Desa.

Kini setelah sebelas tahun berdiri, perpustakaan tersebut memiliki ratusan koleksi buku  dan dilengkapi dengan berbagai layanan seperti internet gratis , akses menonton film dan juga bimbingan belajar.

Buka setiap hari Senin, Rabu dan Jumat,   mulai pukul 8 hingga 1 siang, Perpustakaan Kreatif Desa Mudal yang berdiri di balai desa setempat selalu ramai dikunjungi, khususnya di bulan puasa sperti ini. Tidak hanya sekedar membaca buku, para pengunjung juga bisa menghabiskan waktu dengan menonton film, surfing didunia maya secara gratis, dan di perpustakaan ini, siswa sekolah dasar bahkan bisa mendapatkan bimbingan belajar gratis dari relawan perpustakaan.

“Syukur Alhamdulilah masyarakat disini sangat merespon positif adanya perpustakaan ini, mereka khususnya anak-anak selalu menyempatkan diri datang ke perpus desa, ada yang sekedar membaca, bermain internet bahkan bisa layanan bimbel gratis,”kata Kepala Perpustakaan Kreatif Mudal, Sri Endah saat ditemui Selasa (20/4/2021) .

Perpustakaan Kreatif Mudal dibuat sekitar Bulan Mei Tahun 2010, diterangkan oleh Sri Endah, dibangun dari anggaran desa,   semula hanya memiliki puluhan koleksi buku seiring perjalanan waktu koleksi buku terus bertambah hingga kini mencapai ratusan, dari buku fiksi maupun non fiksi, dan kini tengah mempersiapkan diri maju lomba perpustakaan desa tingkat propinsi.

“Dulu bukunya dari anggaran desa, terus bertambah dari bantuan propinsi, perpustakaan kabupaten dan donasi dari perorangan,”imbuhnya.

Ditambahkannya, di perpustakaan kreatif ini juga memberikan bimbingan belajar  yang diampu oleh relawan dan tim pengerak  PKK Desa Mudal. Bimbingan belajar ini meliputi pengerjaan tugas yang diberikan oleh sekolah dan juga mempersiapkan siswa untuk menempuh ujian sekolah.

“Di sini anak-anak siswa SD juga bisa mendapat bimbingan belajar, bisa belajar menyelesaikan tugas sekolah dan juga bimbingan yang mau menghadapi ujian sekolah ,” katanya.

Sementara itu, salah satu pengunjung Perpustakaan Kreatif Mudal, Velota yang merupakan siswi kelas enam sekolah dasar, mengaku sangat senang bisa berlama lama di perpustakaan, karena di tempat ini ia bisa membaca buku, nonton film dan juga  belajar bareng dengan teman.

“Senang bisa disini,  bisa baca buku apa saja, dari buku pelajaran hingga buku cerita, bisa nonton film, dan juga menyelesaikan tugas sekolah bareng temen ,”tambahnya (PN/Jateng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *