Pelajar Didorong Punya Persepsi Positif tentang Politik

Img 2459 1024x683
Spread the love

KABUPATEN SEMARANG – Pemilih pemula diharapkan dapat memiliki persepsi positif tentang politik. Sehingga, mereka sadar akan hak dan kewajibannya dalam kehidupan bernegara.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Semarang, Suyana, pada Pendidikan Politik Santun dan Bertanggung Jawab, di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang di Ungaran, Selasa (2/4/2024).Kegiatan itu diikuti 80 pelajar dari berbagai SMA dan SMK di Kabupaten Semarang,

Dia mengatakan, melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para pelajar, tentang politik yang bertanggung jawab. Setelah memiliki persepsi positif tentang politik, mereka sadar akan hak dan kewajibannya dalam kehidupan bernegara, sekaligus membangun sistem demokrasi yang sehat di Kabupaten Semarang.

“Diharapkan mereka dapat menyampaikan pengetahuan yang diperoleh di sini, kepada teman-teman sebayanya,” ujar Suyana.

Sementara, Bupati Semarang Ngesti Nugraha menambahkan, kegiatan politik tidak hanya tindakan praktis seperti pemilu saja. Namun, juga menyangkut kegiatan pemerintahan dan kebangsaan.

Untuk itu, dia mendorong para pelajar, agar terus belajar, dan dapat berkiprah dan menorehkan prestasi.

“Teruslah berinovasi di bidang masing-masing, agar bisa berkiprah dan berprestasi,” ujarnya.

Sebagai informasi, pendidikan politik kali itu menghadirkan tiga narasumber lain. Yakni Wakil Bupati Semarang Basari, anggota DPRD Kabupaten Semarang Siswanto, dan Dosen Filsafat Politik Unnes Semarang Noorrochmat Isdaryanto. Selain menyoroti politik transaksional, ketiga narasumber memberikan nasehat untuk menjalankan kegiatan politik, yang mengedepankan etika dan moral yang baik.

Maryudi

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!