Little Switzerland in Java

Img 20231107 Wa0017
Spread the love

Kota Batu,Pelitanusantara.com Letak lokasi Batu berada di ketinggian 700 mdpl  sampai dengan 1800 mdpl dengan suhu kisaran 11- 22 derajat celcius dan  terletak di antara kaki gunung dan bukit serta di antara  lereng-lereng gunung. Kondisi geografis  ini tentunya membuat Batu memiliki daya tarik tersendiri  Karena itu tidak dapat dipungkiri pesona alam sang “Little Switzerland in Java” ini sangat mempesona, yang membuat banyak orang ingin berkunjung kemari.

Luas wilayahnya Batu hanya 194,2 km², tetapi meskipun tidak terlalu luas,  Batu memiliki segudang  tempat wisata dan menyimpan berbagai peninggalan masa raja- raja Jawa jaman dulu,  yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi.  Sebut saja Candi Songgoriti atau Candi Supa, candi yang berada di dekat sumber air panas ini, masuk dalam kawasan terpadu wisata  di desa Songgokerto, kurang lebih 5Km ke arah barat dari alun-alun.. Di sekitar situ ada banyak vila yang bisa di sewa dan ada hotel juga. Bagi yang ingin berenang ada juga fasilitas untuk itu.

Batu juga akan memanjakan bagi mereka yang suka berada di alam terbuka dengan menyediakan tempat kemping, di antaranya sbb.:  Caping ground Coban Rondo, Kusuma Argo Wisata,  Romantic Camp Bistro, dan Pandawa Camping Ground. Atau mungkin ada yang mau menikmati datangnya fajar sambil pasang tenda, bisa coba di Gunung Panderman (2.045 mdpl) yang titik awal pendakiannya tidak jauh dari pusat kota Baru

Selain tempat wisata di atas, Batu Juga memiliki wisata rohani, di antaranya: Masjid Agung An-Nur, Vihara Dhammadipa Arama, Pura Luhur Giri Arjuna, Gereja Jago (GPIB Giri Mulyo) dan Klenteng Kwan Im. Hal ini menggambarkan bahwa Batu  memiliki nilai-nilai toleransi yang baik, di.mana masyarakatnya saling menghargai dan menghormati.

Jadi dapat dikatan kalau kota kecil ini memiliki tempat wisata yang cukup lengkap dan bervariasi.

Hampir setiap manusia di seantero jagat ini suka akan bangu dengan keindahan warna warninya. Untuk menikmati hal tersebut tidak usah jauh-jauh kel uar negeri. Datang saja ke Batu, di sini terdapat tempat bagi mereka yang suka akan kecantikan dan keindahan warna warni  bunga, Di tempat-tempat itu mata kalian akan dimanjakan dengan  keindahan warna-warni bunga dari berbagai jenis, sambil dapat melampiaskan  hasrat diri kalian untuk  ber swa foto. Tempat-tempat tersebut seperti,

Desa Sidomulyo. ” Inilah surga bagi para pemburu tanaman hias. Dikenal sebagai desa sejuta bunga lantaran jadi salah satu sentra budidaya bunga di Jawa Timur. Dari wilayah ini, jutaan bunga dan tanaman hias dikirim ke berbagai penjuru kota besar. Salah satu produksi pertanian andalannya adalah mawar.” (Liputan 6) . Bagi yang  menyukai tanaman Bonsai silahkan mampir di tempat Pak Arpa’i, lokasinya  sekitar 100 M dari Jembatan Brantas arah ke Selecta dari Kora Batu.

Batu Flower Garden.

Letaknya di kawasan Wisata Coban Rais, salah satu wisata air terjun yang ada di Kota Batu.

Taman Bunga Peternakan Kuda Megastar.

Di sini para pengunjung selain bisa belajar tentang kuda juga terdapat hamparan tanaman bunga luas.  Lokasi tempat ini ada dini ada di Desa Oro-Oro Ombo.

Taman Rekreasi Selecta.

Taman wisata  legendaris yang sudah ada sejak jaman Belanda ini, memiliki hamparan taman bunga yang cukup luas .

Akan tetapi selengkap apapun dan sevaratif apapun kalau tampa wisata kulinernya, rasanya belum lengkap, ibarat sayur tanpa garam. Batu memiliki berbagai tempat wisata kuliner untuk dapat memanjakan selera para penggemar kuliner dari seantero jagat ini yang datang berkunjung kemari. Dan seiring dengan perkembangan yang ada, wisata kuliner di sini juga ikut berkembang. Ada banyak tempat wisata kuliner di sini, baik tradisional maupun manca negara dengan harga yang bervariasi, sebut saja di antaranya:

Pasaran Laron.

Letaknya ada di alun-alun. Di sini pengunjung akan diperhadapkan dengan berbagai makan khas lokal dan makan- khas dari luar Batu

Pojok Ketan Lagenda 1967. Letaknya di pojok selatan Pasar Laron.

Es pak Said.

Penjualnya Pak said , katanya dia jualan es sejak tahun 1954. Es pak Said sudah menjadi lagenda bagi Warga Batu atau mereka yang pernah tinggal dan bersekolah di Batu. Tempat jualannya ada di sebelah Barat Masjid Agung An-Nur (gang Kauman).

Rujak Pak Gatot.

Rujak Manis ini juga sudah cukup melegenda. Di tahun 80-90an Pak Gatot berjualan di sebelah timur SDK Sang Timur dan sekarang pindah ke Parkiran Motor Batu Plaza.

Depot Susu KUD.

Di sini para kuliner mania akan disajikan produk susu lokal yang sudah ada sejak sekitar tahun 80an di GOR Ganesha.

Rumah Makan Mesir.

Sama seperti tempat kuliner yang lain di atas, Rumah Makan ini sudah menjadi lagenda karena sudah sangking  lamanya. Sajian utamanya olahan daging kambing.  .

Rumah makan Bethany..

Di sini bagi para pengemar kuliner akan disajikan berbagai menu ikan dll

Bakso Mentawai

Bakso Mentawai ini, salah satu tempat makan bakso yang sudah lama dan saat ini sudah boleh siapa saja untuk menikmatinya.

Dan masih  banyak lagi tempat- tempat kuliner lainnya selain tempat kuliner di atas karena, dengan seiring berkembangnya Batu, bermunculanl ah tempat-tempat kuliner baru,  “bagai cendawan di musim hujan”.

Bagi kalian mau datang ke mari, jangan kuatir masalah penginapan. Sejak dulu  Batu memiliki tempat-tempat penginapan mulai dari kelas losmen sampai kelas hotel bintang lima.  Dan jangan takut dengan harganya, disini penginapan dapat disesuaikan dengan dompet kita.

Ini beberapa hotel yang sudah lama eksis di di Batu, seperti: Hotel Selecta, Hotel Santoso, Hotel Purnama, Hotel Asida, Hotel Batu. Ada juga hotel  berbintang seperti Hotel Agrowisata, Hotel Orchid, Hotel Kartika Wijaya. Hotel yang terakhir iniBagi kalian mau datang ke mari, jangan kuatir masalah penginapan. Sejak dulu  Batu memiliki tempat-tempat penginapan mulai dari kelas losmen sampai kelas hotel bintang lima.  Dan jangan takut dengan harganya, disini penginapan dapat disesuaikan dengan dompet kita.

Ini beberapa hotel yang sudah lama eksis di di Batu, seperti: Hotel Selecta, Hotel Santoso, Hotel Purnama, Hotel Asida, Hotel Batu. Ada juga hotel  berbintang seperti Hotel Agrowisata, Hotel Orchid, Hotel Kartika Wijaya. Hotel yang terakhir ini bangunannya eksotik  dari jaman Belanda yang dipugar di jadi Hotel dan masih banyak hotel lainya. bangunannya eksotik  dari jaman Belanda yang dipugar di jadi Hotel dan masih banyak hotel lainya.

Dan untuk menambah referensi kalian dan untuk dimasukan dalam daftar kunjungan masa liburan tahun ini , berikut tempat- tempat es isata lainya di Kota Batu. Berikut daftarnya: Jatim park 1, 2 dan 3, Batu Night Spectacular (BNS), Taman Langit, Predator Fun Park, Gia Pinus, Museum Angkut, Paralayang, Omah Kaya Paralayang, Eco Green  Park, Museum  D’Topeng, Wisata Petik Apel Bumiaji, Flora Wisata San Terra, Kusuma Agrowisata, Ngukir Wisata Alam, Taman Dolan, Desa Wisata Pujon Kidul, Kaliwatu Rafting, Sumber Torong Park, Galery Seni Batu RAOS  (QQ : dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!