Letkol Pas I Made Sumadra,S.Pd Menutup Rangkaian Diklat SAR Udara Saka Dirgantara Kwarcab 2021 Kabupaten Bogor

  • Bagikan

Sukaraja.Bogor – Pelitanusantara.com Gerakan Pramuka Kwarcab Cabang Kabupaten Bogor Bekerja sama dengan Lanud Atang Sanjaya menggelar Pendidikan serta Pelatihan (Diklat) SAR Udara Saka Dirgantara Kwarcab Kabupaten Bogor, yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Cimandala,Jalan Bumi Cimandala Permai, Sukaraja, Cimandala, Kec. Sukaraja, Bogor, Jawa Barat 16710 berlangsung selama dua hari yaitu Sabtu dan hari Minggu, tanggal 20 s/d 21 November 2021 resmi di tutup.

Mengakhiri rangkaian Pendidikan serta Pelatihan (Diklat) SAR Udara Saka Dirgantara Kwarcab Kabupaten Bogor Letkol Pas I Made Sumadra, S.Pd Selaku Pemimbina resmi menutup kegiatan Pendidikan serta Pelatihan (Diklat) SAR Udara Saka Dirgantara Kwarcab Kabupaten 2021.

Dalam Keterangan Persnya di depan para awak media usai menutup rangkaian SAR Udara Saka Dirgantara, Letkol Pas I Made Sumadra menjelaskan Giat Diklat ini adalah Kegiatan Pembinaan. “SAR udara Saka Dirgantara ini merupakan kegiatan pembinaan, seperti yang kita ketahui bahwa iklim indonesia khususnya Kabupaten Bogor ini merupakan Daerah yang mempunyai potensi bencana yang sangat tinggi, sehingga adik-adik Pramuka ini merupakan salah satu potensi kita, khususnya TNI angkatan udara untuk kita libatkan dalam kegiatan-kegiatan SAR, sehingga berorientasi dari itu kita berkeinginan untuk mengadakan pelatihan,” jelasnya.

Lebih lanjut I Made berharap agar pelatiha dasar ini terus ditingkatkan.
“Pelatihan pendidikan dasar ini, diharapkan ke depannya bisa di tingkatkan lagi, pengetahuan–pengetahuan serta keterampilan yang lebih meningkat, dan secara umum nantinya kita akan rencanakan di tahun 2022, dilihat dahulu kondisinya, kita akan programkan untuk bisa lebih aplikatif lagi, misalnya pencarian akan dilepas di suatu Daerah hutan secara terbatas, kita akan kasih persoalan yang lebih real, misalnya bagaimana cara mengunakan serta membaca kompas jarum mata angin, kalau sekarang hanya kompas bintang namanya, nanti mungkin akan kita berikan untuk mengompas di tempat-tempat tertentu, misalnya jaraknya paling tidak 1 KM atau lebih realistis lagi di lapangan.” Harapnya

“Dengan demikian adik-adik setidaknya sudah dibekali survival, dan diharapkan mereka mempunyai pengetahuan dasar kegiatan SAR ini,” Sambungnya.

Sementara itu Suhendar, selaku pamong saka dirgantara Kwarcab Kabupaten Bogor turut hadir mendampingi Letkol Pas I Made Sumadra, S.Pd, Upacara Penutupan Diklat Sar Saka Dirgantara, saat dimintai keterangan awak media, Suhendar menuturkan kegiatan Gerakan Pramuka SAR Udara Saka Dirgantara.
“Kegiatan yang dilaksanakan kali ini dilakukan secara berkala untuk adik-adik pramuka yang tergabung dalam Saka Dirgantara kwarcab Kabupaten Bogor, dirinya mengharapkan agar Bumi Perkemahan Cimandala ini dapat lebih dilengkapi lagi fasilitas untuk pelatihannya, seperti salah satunya yang dapat kita lihat dan perhatikan playing fok mudah-mudahan ke depan bisa permanen tidak seperti saat ini yang masih manual, dan lain-lainnya, sehingga para peserta akan menyerap ilmu yang lebih banyak ketika mendapatkan materi pelatihan,”Ujarnya.

Lebih lanjut Suhendar berharap agar melalui pelatihan ini para anggota bisa memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan tindakan penyelamatan dalam menghadapi bencana.
“setiap anggota diharapkan mampu mengamalkan serta menerapkan ilmu dan pengetahuan serta teknologi yang dimiliki dan diamalkan pada masyarakat di sekelilingnya. Karena generasi muda yang terkumpul dalam gerakan Pramuka diharapkan akan menjadi kader pembangunan yang berjiwa Pancasila di masa yang akan datang. Semoga adik-adik Pramuka ke depan dapat menunjukkan bahwa besarnya daya serta usaha dalam beradaptasi dengan kondisi di sekelilingnya dapat terbentuk diri adik-adik Pramuka, karena setiap Pramuka harus dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat di mana saja dan dalam kondisi seperti apapun.”harapnya.

Masih lokasi yang sama, Serka Jarot, selaku pelaksana kegiatan Diklat SAR Saka Dirgantara Lanud Atang Sanjaya saat ditemui awak media diruang Sekretariat Diklat SAR Udara Gedung Perkemahan Pramuka Cimandala menuturkan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari program pembinaan dan Pelatihan.
“Kami melakukan kegiatan ini untuk menjalankan program kerja bidang penanggulangan bencana, dalam kegiatan SAR Saka Dirgantara ini, tentunya kami membekali pengetahuan dasar saja kepada adik-adik Pramuka. Pada umumnya peserta mendapatkan materi full, sedangkan kegiatan kali ini hanya latihan dasar SAR saja, dan hanya 50 persen penerimaan materinya, hanya latihan simulasi yang sifatnya ringan, karena ini tingkatan Pramuka berbeda tentunya dengan latihan TNI.” tuturnya. (***)

  • Bagikan