Kapanewon Depok Menjaga dan Lestarikan Budaya Jawa

yupiterjogja
Img 20230615 Wa0112
Spread the love

SLEMAN-PN NEWS, Perwakilan Kelompok Wanita Tani (KWT) di wilayah Kapanewon Depok, Kalurahan Condongcatur, Caturtunggal dan Maguwoharjo, mengikuti Festival Potensi KWT/Kenduri Upacara Midodareni dan lomba paduan suara Mars KWT, bertempat di Komplek Kantor Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Kamis (15/6/2023).

Panewu Depok, Wawan Widiantoro, SIP, MPA, mengatakan, antusias masing-masing KWT dan kelompok paduan suara sangat tinggi, ini menunjukkan semangat berpartisipasi yang luar biasa dalam kompetisi ini, ujar Wawan Widiantoro.

Pada lomba tersebut para peserta terlihat menyempurnakan penampilannya dengan mengenakan seragam yang sangat apik serta warna-warni yang menarik di depan tim juri terdiri dari akademisi, budayawan dan praktisi, dengan Koordinator Tim Juri Prof Dr Drs Suwarna, MPd (Guru Besar Bahasa Jawa UNY).

Meski punya kesibukan masing-masing, tapi mereka bisa meluangkan waktu, talenta dan pikiran demi kemajuan Kapanewon Depok dan menambah semarak Festival Potensi KWT Kapanewon Depok Tahun 2023.

Disampaikan Isti Fajaroh, SP selaku Kepala Jawatan Kemakmuran Kapanewon Depok, yang juga Panitia Festival Potensi KWT 2023, kegiatan ini untuk memperkuat kerjasama antar KWT dan meningkatkan peran KWT dalam pengembangan dan pembangunan pertanian.

Juga ikut melestarikan budaya adiluhung Yogyakarta berupa upacara adat midodareni, kata Isti Fajaroh.

Menurut Isti, Festival Potensi KWT ke-3 ini, diawali dengan Festival Urban Farming KWT pada 2021. Terdapat dua agenda kegiatan, yaitu Kenduri upacara midodareni dan lomba paduan suara mars KWT, katanya.

Festival Kenduri Upacara Midodareni diikuti 6 KWT, masing-masing kalurahan mengirimkan 2 perwakilan, sedangkan lomba paduan suara Mars KWT diikuti 9 KWT, masing-masing kalurahan mengirimkan 3 kelompok.

Kelompok paduan suara itu tidak berasal dari salah satu KWT saja, tapi merupakan gabungan KWT agar makin mengakrabkan antar KWT.

KWT Tani Mulyo Ringinsari Maguwoharjo sebagai Juara 1 Kenduri Upacara Midodareni, disusul KWT Dewi Sri Kentungan Condongcatur (Juara 2) dan KWT Tuwuh Makmur Santren Caturtunggal (Juara 3).

Lomba Paduan Suara Mars KWT Juara 1 KWT Tani Makmur Condongcatur, Juara 2 KWT Maguwoharjo A dan Juara 3 KWT Wijaya Kusuma B Caturtunggal.

Diharapkan KWT yang ada di wilayah Kapanewon Depok semakin kompak, semangat dalam kegiatannya dan ikut melestarikan budaya Jawa.(Ome)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!