Gubernur DIY Apresiasi Peluncuran Program Polisi RW (Jaga Warga) Polda DIY.

yupiterjogja
Img 20230517 Wa0062
Spread the love

YOGYAKARTA-PN NEWS, Apel Pembentukan dan Pelantikan Polisi RW Jaga Warga Polda DIY dengan tema ” Sinergitas Polisi RW dengan Kelompok Jaga Warga dalam rangka Harkamtibmas” bertempat di Lapangan Apel Balai Kota Yogyakarta, Rabu, (17/5/2023).

Bertindak selaku pimpinan Apel yakni Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Kabaharkam Polri Komjen Pol Dr Muh. Fadil Imran M.Si.

Gubernur DIY, dalam amanatnya mengatakan, DIY dikenal sebagai miniatur Indonesia, dengan karakter demografis masyarakatnya yang sangat hidrogen, keanekaragaman ini adakalanya mewarnai situasi Kamtibmas di wilayah, seperti munculnya tindakan kekerasan , kejahatan jalanan, KDRT, penyakit sosial masyarakat maupun kasus kriminalitas lainnya.

Atas fenomena itulah, pada hari ini saya mengapresiasi program Polisi RW (Jaga Warga) yang diluncurkan Polri.

Sebagai satu strategi untuk menekan dan mengantisipasi, timbulnya gangguan kamtibmas, seiring upaya menciptakan kondusifitas masyarakat.

Besar harapan saya agar Polisi RW (Jaga Warga) mengedepankan kearifan Lokal dalam melaksanakan kewajiban, seiring pemahaman akan prinsip “Deso Mowo Coro, Negoro Mowo toto” ,tutur Sri Sultan HB X.

Sementara itu, Kabaharkam Polri Komjen Pol Dr Muh. Fadil Imran, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembentukan program Polisi RW (Jaga Warga) oleh Polda DIY merupakan bentuk akslerasi implementasi program Polisi masyarakat , dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah Polda DIY.

“Program Polisi RW (Jaga Warga) dilaksanakan di lingkup wilayah terkecil kampung /pedukuhan dan hadir untuk memperkuat, bersinergi dan bermitra dengan kelompok Jaga Warga, unsur masyarakat dan unsur Pemerintah Daerah.

Polisi RW (Jaga Warga) bertujuan meningkatkan daya tangkal, daya cegah serta kemampuan penyelesaian masalah, mencari dan memberi informasi dari masyarakat serta terwujudnya Kamtibmas.

“Melalui program Polisi RW (Jaga Warga) diharapkan Polri dapat bermitra dan bersinergi dengan masyarakat serta kepercayaan masyarakat terhadap Polri akan meningkat,” pungkasnya.

Acara ditandai dengan penyematan Rompi Polisi RW (Jaga Warga) oleh Gubemur DIY, dan penyerahan ID Card oleh Kabaharkam dilanjutkan pemukulan kentongan oleh Gubernur DIY dan Kabaharkam Polri.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda DIY Irjend Pol Suwondo Nainggolan, Danrem 072/Pamungkas, Brigjen TNI Joko Purnomo, Wakapolda DIY Brigjen Pol R. Slamet Raharjo, Dandim 0734/Kota Yka Kolonel Arh Burhan Fajari Arfian, Ketua DPRD Prov DIY Nuryadi, Kajati DIY Ponco Hartono, Pj Walikota Yogyakarta Sumadi dan para Kapolres jajaran Polda DIY. (Ome)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!