Dinas Pariwisata Sleman, Terus Mendampingi Desa Wisata Rintisan Naik Kelas.

yupiterjogja
Img 20221227 125355
Spread the love

SLEMAN- PN NEWS, Kabupaten Sleman merupakan salah satu tujuan wisata favorit bagi wisatawan, saat berkunjung ke Yogyakarta, seperti saat liburan sekolah dan liburan NATARU saat ini.

Obyek wisata di Kabupaten Sleman sangat bervariasi, dari wisata alam, wisata candi, wisata buatan dan wisata kuliner yang sangat memanjakan lidah para wisatawan, dan wisata belanja oleh-oleh khas Sleman dan Yogyakarta, ditunjang dengan cuaca alam yang indah dan sejuk dan nyaman bagi wisatawan, seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, kepada wartawan saat, press tour bersama Bupati Sleman dan Dinas-Dinas terkait ,di beberapa desa wisata di Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman, Selasa (27/12/2022).

Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Ishadi Zayid, SH, kepada wartawan mengatakan, di Kabupaten Sleman terdapat 80 Desa Wisata, diantaranya ,12 desa wisata mandiri, 17 desa wisata maju, dan yang lainnya dalam kategori berkembang dan desa wisata rintisan.

Setiap dua tahun , kita melakukan evaluasi perkembangan desa wisata yang terdapat diwilayah Sleman, hal ini bertujuan untuk memantau dan.mengevaluasi perkembangannya, karena kita tidak inginkan klasifikasi desa wisata yang sudah mandiri dan maju menjadi turun klasifikasinya.

Sementara desa wisata yang sekarang masih berkembang kita dorong supaya mandiri, karena kami dari Dinas Pariwisata Sleman berkepentingan, untuk lebih mengembangkan desa-desa wisata untuk mengembangkan potensi lokalnya.tutur Ishadi Zayid.

Kita bukan anti investor, tapi kalo bisa kita kembangkan desa-desa wisata di Sleman untuk dikelola dan dikembangkan oleh masyarakatnya secara mandiri, kalau itu bisa berkembang sepert kunjungan kita hari ini di desa wisata Pancol, Kapanewon Turi ini, kemudian di pentingsari, luar biasa potensi ekonominya bagi masyarakat sekitarnya.

Dinas Pariwisata Sleman, akan mensupport dan mendampingi terus desa wisata yang sudah masuk dalam SK Kabupaten Sleman.

Terkait kunjungan wisatawan libur Nataru 2022 ini, Kadis Pariwisata Sleman menuturkan, sampai dengan tanggal (24-25/12) kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi wisata di wilayah Sleman mencapai 65 ribu orang. Dan dari prediksi awal sampai kunjngan wuasa libur NATARU atau sampai akhir tahun kita targetkan 250 -300 ribu kunjungan wisatawan, tapi dilihat dari tren kunjungan tanggal (24-25/12) kemarin akan melampauhi target yaitu mencapai angka 65 ribu orang wisatawan.

Target kunjugan wisatawan di Kabupaten Sleman sepanjang tahun 2022 , sampai bulan nopember 2022, sudah mencapai angka 4,5 juta orang, dari target semula 3,9 juta orang, ini berarti sudah melampauhi target, demikian juga dengan retribusi mengalami peningkatan dari target pendapatan 3,9 miliard rupiah.

Selama libur NATARU ,destinadi utama yang dikunjungi wisatawan diantaranya TWC Prambanan masih menjadi magnet kunjungan favorit wisatawan, di ikuti Breksi, dan kaliurang serta obyek wisata Obelix Village, dan distinasi yang lainnya.

Sementara untuk target Kunjungan wisatawan tahun depan (2023) kita targetkan sebanyak 7 juta wisatawan yang akan berkunjung ke wilayah Kabupaten Sleman. pungkasnya.

(Ome)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!