Desa di Tidore Mulai Salurkan BLT

Tidore, Pelitanusantara.com   – Sebagian desa di Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bulan ini. BLT yang disalurkan itu bersumber dari Dana Desa (DD) 2021.

Hal tesebut disampaikan Kepala Bidang Pemberdayaan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD)  Kota Tidore, Iswan Salim, di Kediamannya, Minggu (18/4/2021).

Iswan Salim mengatakan, jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT Dana Desa 2021 di Kota Tidore Kepulauan sebanyak 3.877 KK. Masing-masing KK menerima BLT senilai Rp300 ribu setiap bulan.

Disebutkan, dari 49 desa di Kota Tidore Kepulauan, terdapat 46 Desa yang telah menyalurkan BLT DD untuk Januari, sedangkan 3 desa lainnya yakni; Desa Bukit Durian, Aketobololo, dan Akeguraci belum menyalurkan BLT.

Iswan menambahkan bahwa, alasan Desa Bukit Durian dan Desa Aketobololo belum menyalurkan BLT karena sampai saat ini laporan realisasi 2020 belum disampaikan dan dokumen perencanaan tahun 2021 belum final, “Sedangkan Desa Akeguraci dalam proses permintaan penyaluran dari KPPN ke Rekening Kas Desa (RKD),” kata Iswan.

Sedangkan untuk Februari 2021, sudah 31 desa yang menyalurkan BLT dan 18 desa belum menyalurkan. Untuk Maret 2021, sudah 16 desa yang menyalurkan dan 33 desa belum menyalurkan.

Iswan menjelaskan, persyaratan bagi warga yang berhak menerima BLT DD di antaranya, tidak punya pekerjaan tetap atau korban PHK. Di luar penerima PKH, BPNT dan Bansos Kemensos/Prakerja. Tidak memiliki cadangan ekonomi 3 bulan ke depan. Mempunyai anggota keluarga yang mengidap penyakit kronis menahun. Keluarga miskin yang dikepalai lansia, perempuan  atau penyandang disabilitas.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kota Tidore, Abdul Rasid mengatakan, seluruh Desa wajib menyalurkan BLT tersebut. “Jika ada desa yang tidak salurkan BLT maka bisa dikenakan sanksi. Bahkan masyarakat bisa membawa persoalan itu ke ranah hukum,” tandas Kadis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *