Wawali: Penggunaan Maggot Dalam Pengelolaan Sampah Sangat Berguna

KOTA BEKASI – PELITANUSANTARA.COM |  Wakil Wali Kota Bekasi, Dr. Tri Adhianto mengajak para penggiat lingkungan dan pengelola bank sampah untuk mengelola sampah dengan menggunakan maggot. Hal ini disampaikannya di hadapan penggiat lingkungan serta pengelola Bank Sampah se Kota Bekasi pada rangkaian acara Hari Peduli Sampah Nasional di Roof Top Pasar Baru Kota Bekasi, Sabtu, 20/02/2021.

Wakil Wali Kota mengatakan memanfaatkan maggot (larva lalat/belatung), yang berasal dari sampah organik sebagai campuran pakan hewan berprotein tinggi sangatlah berguna.

Sampah organik akan banyak bermanfaat bahkan bernilai ekonomi, jika dikelola dengan benar.

Maggot ini merupakan larva lalat yang akan berkembang biak dengan cepat dengan memakan berbagai macam sampah organik.

Seperti halnya belatung, maggot berguna secara ekologis dalam proses dekomposisi bahan-bahan organik. Maggot mengkonsumsi sayuran dan buah. Tak hanya buah dan sayuran segar, maggot pun mengonsumsi sampah sayuran dan buah. Karenanya manggot sangat cocok digunakan dalam pengelolaan sampah organik.

Dirinya mengapresiasi salah satu RW yang ada di Kelurahan Jatisari yang sudah membudidayakan Maggot. Keuntungan secara ekonomipun sudah didapat. Dan hal ini patut untuk di kembangkan di setiap RW kedepannya.(Harts/PN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *