Warga Dusun Glagahan Blora Giatkan Jimpitan

Blora, Pelitanusantara.com Warga Dusun Glagahan Desa Jepangrejo Kecamatan/Kabupaten Blora, Jawa Tengah menggiatkan jimpitan atau menyisihkan uang secara sukarela, juga ronda malam pada masa pandemi.

“Kita sepakat untuk gotong royong melakukan jimpitan dan ronda malam pada masa pandemi,” kata Sulis, Ketua RT O1/RW 02 Dusun Glagahan, Jumat (27/11/2020).

Teknisnya, kata Sulis, warga setiap hari sepakat menyisihkan uang pecahan Rp500. Uang itu ditaruh pada kotak di depan masing-masing rumah warga.

Setiap malam, uang tersebut diambil oleh petugas ronda, kemudian dikumpulkan ke penanggung jawab jimpitan. “Alhamdulillah, warga sangat giat dan mendukung adanya jimpitan ini,” kata dia.

Uang jimpitan itu, dihitung sepekan sekali setiap Kamis malam, dan diumumkan melalui papan tulis dan diinformasikan di wahtsapp group warga setempat. “Kita transparan. Sepekan sekali hasilnya kita informasikan. Hingga minggu ke delapan sudah terkumpul total Rp1.380.000,” ucap dia.

Jika nanti uang tersebut sudah cukup terkumpul, bisa dimanfaatkan untuk kepentingan warga setempat. “Usulan awal untuk membuat penyeragaman tiang dan lampu penerangan di depan rumah. Mungkin bisa berubah untuk keperluan lainnya, tergantung kesepakatan warga nanti,” jelas dia.

Sementara itu, setelah petugas berkeliling mengambil jimpitan, mereka menuju pos kamling untuk ronda malam. “Baik petugas pengambil jimpitan dan ronda malam dilaksanakan bergiliran. Tiap malam empat hingga lima orang peronda. Wajib patuh protokol kesehatan,” tambah Sulis.

Ngaripin, warga setempat mengaku senang dengan adanya kegiatan gotong royong dan peduli keamanan lingkungan. “Sangat senang dan malahan menjadi ajang silaturahmi saat pandemi,” ucap dia.

Hal senada disampaikan oleh Agus, warga lainnya. Ia mendukung dan diharapkan kegiatan jimpitan ini tidak memberatkan warga. “Sebaliknya, justru menambah semangat dan berkah dalam situasi pandemi ini,” ujar dia.

Supar, Kamituwo, perangkat Dusun Glagahan terus mendorong jimpitan dan ronda malam ini. “Kami dukung, setiap malam monitor keliling. Tidak lupa selalu diingatkan patuh protokol kesehatan,” kata dia.

Ia mengapresiasi karena di sejumlah pos kamling sudah disediakan tempat cuci tangan dan peralatan keamanan lainnya.

Ketua RW 02 Glagahan, Jadjijanto juga mengapresiasi, “Tenyata jimpintannya lancar, semoga berkah,” ucap dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *