Tim Sar” Satbrimob Polda Kalbar Adakan Latihan Siap Tangani Karhutla di Wilayah Kalbar

Kefaspelita
Img 20230610 Wa0227
Spread the love

Pontianak Kalbar,Pelitanusantara.com 

Satbrimob Polda Kalbar kembali melaksanakan latihan kemampuan SAR (Search And Rescue) antisipasi Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) di Provinsi Kalbar menjelang musim kemarau, jum’at (09/06/23).

Mengantisipasi bencana Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) menjelang musim kemarau di Provinsi Kalbar, Satbrimob Polda Kalbar kembali memerintahkan setiap jajarannya untuk melaksanakan kemampuan SAR (Search And Rescue). Latihan SAR ini bertujuan untuk mengingatkan kembali langkah-langkah apa yang harus mereka perbuat ketika sedang melaksanakan tugas memadamkan api di lokasi Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) suatu hari nanti.

Kegiatan latihan yang dilaksanakan oleh Satbrimob Polda Kalbar disetiap jajarannya ini meliputi bagaimana cara menggunaan alat-alat seperti bagaimana cara mengoprasionalkan pompa air, memasang nozel, memasang selang serta bagaimana cara menghadapi kemunculan titik api dilokasi yang sulit untuk diakses oleh kendaraan.

Selain setiap jajarannya yang melaksanakan latihan bagaimana cara penaganan Karhutla Dansatbrimob Polda Kalbar Kombes Pol. M. Guntur, S.I.K., M.H. juga memerintahkan kepada para komandan disetiap jajaran untuk memerintahkan kepada para personel untuk rutin melaksanakan patroli dititik-titik yang dianggap rawan akan terjadinya Karhutla didaerah mereka sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat akan bahaya yang ditimbulkan dari Karhutla bagi lingkungan dan kesehatan serta meminta masyarakat untuk tidak ragu dan takut untuk melapor apabila mereka melihat oknum masyarakat yang ingin membuka lahan dengan cara sengaja membakarnya.

Sumber: Brimob Polda Kalbar
(JN/98)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!