SERBUAN VAKSINASI SRAGEN SASAR PEKERJA PABRIK

  • Bagikan

SRAGEN – PELITANUSANTARA.COM Vaksinasi kembali diberikan untuk para pekerja pabrik di Puskesmas 1 Sambungmacan, Kabupaten Sragen. Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati kembali ikut dalam memastikan pelaksanaan vaksinasi lancar, Jumat (20/8/2021).

Sasaran vaksinasi adalah sebanyak 252 vaksin moderna tahap 1, untuk para pekerja PT. BMSTI. Pelaksanaan vaksin mendapatkan perhatian dari Bupati dan kembali meminta agar para pekerja yang melakukan vaksin diberikan libur minimal satu hari setelah vaksin.

Selama pelaksanaan vaksin berlangsung, Bupati selalu mengingatkan mengenai apa yang harus dilakukan maupun yang tidak boleh dilakukan pasca vaksin.

Bupati mengatakan bahwa untuk vaksin moderna ini sendiri telah terdistribusikan, masing-masing puskesmas telah mendapatkan distribusi vaksin sebanyak 350 dosis dengan jumlah keseluruhan 8.000 vial yang akan disuntikkan semua pada minggu depan nanti.

“Sudah terdistribusikan semua ke Puskesmas, jadi di DKK saat ini posisinya kosong karena semua sudah terdistribusikan. Insyaallah akan disuntikkan minggu depan,” terang Bupati.

Sedangkan vaksin yang diberikan dari Polres yaitu sebanyak 2.100 vial, sudah datang sebanyak 1.000 vial dikarenakan kemungkinan untuk vaksin moderna sendiri memiliki tempat penyimpanan khusus sehingga tidak dapat langsung diberikan keseluruhan.

Terkait dengan pernyataan Menteri Keuangan bahwa vaksin menjadi kunci untuk kemungkinan pandemi yang akan berubah menjadi endemik pada tahun depan nanti, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Sragen, Dr. Hargiyanto, mengatakan akan ada rencana kemungkinan penyisiran vaksin apabila belum sampai dengan 70 persen target yang ditentukan, yaitu sebanyak 775.000 vaksin.

Selanjutnya Bupati juga mengatakan untuk sasaran vaksin ibu hamil sudah mulai dilakukan dengan target sebanyak 3.500 dan saat ini sudah diberikan sebanyak 1.100 untuk ibu hamil trimester 2 dan 3 atau usia kehamilan 14 sampai 33 minggu. Vaksin ibu hamil diberikan karena ibu hamil merupakan kelompok yang rentan serta untuk mengurangi AKI (Angka Kematian Ibu). Jenis vaksin yang diberikan untuk para ibu hamil adalah vaksin Sinovac (***)

  • Bagikan