Selamat! 44  Siswa SMAN 93 Jakarta Lolos SNMPTN 2021

 

Jakarta, Pelitanusantara.com  SELEKSI Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN  maupun SNMPTN Premium adalah salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia.

Pada awalnya, SNMPTN terdiri dari dua jalur yaitu SNMPTN undangan (seperti PMDK) melalui nilai rapot dan SNMPTN tulis melalui ujian tulis. Pada tahun 2013, SNMPTN tulis diubah nama menjadi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan SNMPTN Undangan, kemudian berganti nama menjadi SNMPTN (tidak pakai undangan) dengan kriteria seleksi penerimaan berdasarkan nilai rapot, nilai Ujian Nasional, dan prestasi akademis lainnya.

Dari pengumuman yang sudah dilakukan, alhamdulillah setidaknya 44 Siswa SMAN 93 Jakarta lolos SNMPTN 2021. Mereka adalah 26 siswa dari kelas XII- IPA serta 18 Siswa kelas XII- IPS.

Sebagaimana dituturkan Imran, MPd, Wakil Kurikulum SMAN 93 kepada awak media SPI, raihan prestasi Siswa SMAN 93 Jakarta ini, layak diacungi jempol dan membanggakan komponen SMAN 93. Sebab tahun 2020 lalu yang masuk diterima lewat jalur SNMPTN hanyalah 23 orang. Ini berarti ada kenaikan hampir seratus persen, dimana semua prestasi ini, digapai dalam kepemimpinan Drs. Deden Suhendi sebagai Kepala SMAN 93 Jakarta dan Imran, MPd sebagai Wakil Kurikulum.

Adapun  44 Siswa SMAN 93 Jakarta yang diterima di PTN lewat jalur tahun 2021 SNMPTN tahun 2021ini tersebar di beberapa PTN ternama seperti: Universitas Pendidikan Indonesia-UPI (Bandung), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Islam Negeri Jakarta –UIN (Jakarta),  Institut Tekhnologi Surabaya –(ITS), Institut Pertanian Bogor-IPB, Universitas Sumatera Utara-USU (Medan) dan Universitas Sudirman (Purwokerto).

Selamat bagi para siswa yang diterima dan semoga memicu semangat siswa-siswi lainnya dari angkatan kelulusan 2020-2021.

Semoga pencapaian ini dapat menjadi motivasi bagi siswa untuk terus belajar dan memberikan kontribusi nyata yang bermanfaat bagi sekolah dan bangsa.  Bagi yang tidak lolos di jalur SNMPTN 2021, jangan putus asa dan bersedih, masih ada banyak kesempatan menjadi bagian dari mahasiswa Indonesia melalui jalur Penerimaan yang lain diantaranya ada melalui UTBK-SBMPTN dan seleksi Mandiri, tutup Drs. Deden Suhendi, di ruang kerjanya.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) membuka akses pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 sejak Senin (22/3). Pengumuman SNMPTN bisa dicek melalui laman resmi LTMPT di https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id/.

Tahun ini hasil SNMPTN tidak bisa diakses secara umum. Pihak yang bisa mengakses hasil seleksi hanya peserta melalui situs resmi LTMPT atau situs sejumlah PTN yang ditunjuk. Hasil dari SNMPTN akan bersifat pribadi dan hanya bisa diakses dengan menyertakan data pribadi peserta secara daring melalui perangkat komputer. Bagi peserta yang dinyatakan lolos SNMPTN, maka tidak diperkenankan mengikuti SBMPTN. Sementara yang tidak lolos bisa langsung mendaftarkan diri untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN. Pendaftaran UTBK-SBMPTN masih dibuka hingga 1 April. Sementara pelaksanaan UTBK digelar dalam dua gelombang, yakni 12-18 April dan 26 April-2 Mei dengan protokol kesehatan.

Untuk diketahui, terdapat tiga jalur masuk PTN yang ditentukan pemerintah. Yakni SNMPTN (seleksi melalui nilai rapor atau prestasi lain), SBMPTN (seleksi melalui UTBK), dan jalur mandiri (seleksi ditentukan masing-masing kampus).¢ JDN70/PN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *