Sebanyak 247 Siswa SPN Polda Banten Resmi Dilantik Menjadi Bintara Polri

Img 20231221 Wa0035
Spread the love

Pandeglang – PN News || Kapolda Banten Irjen Pol. Abdul Karim pimpin upacara pelantikan Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktuba) Polri Gelombang II Tahun 2023 di SPN Mandalawangi Polda Banten pada Kamis (21/12) sekitar pukul 09.00 Wib.

Dalam kegiatan ini Kapolda Banten didampingi Wakapolda Banten Brigjen Pol. H. M. Sabilul Alif, Irwasda Polda Banten Kombes Pol Eko Kristianto serta Pejabat Utama Polda Banten dan Kapolres serta Kapolresta jajaran.

Adapun dalam pelantikan kali ini sebanyak 247 siswa dilantik menjadi Bintara Polri. Proses pelantikan diawali dengan pemeriksaan pasukan, pengambilan sumpah, penanggalan tanda siswa dan pemasangan tanda pangkat efektif. Kemudian dilanjutkan penyerahan ijazah, pemberian penghargaan kepada 3 siswa terbaik, pernyataan penutupan pendidikan oleh Kapolda Banten selaku Inspektur Upacara dan terakhir ditutup dengan peragaan keterampilan oleh Bintara yang baru dilantik.

Dalam sambutanya Abdul Karim mengucapkan selamat atas dilantiknya Siswa Diktukba Polri Gelombang II Tahun 2023. “Dengan berakhirnya Program Pembentukan ini saya mengucapkan selamat kepada para Bintara Remaja Polri yang telah berhasil menyelesaikan semua rangkaian pendidikan pembentukan selama 5 bulan dengan baik sehingga menghantarkan rekan-rekan sekalian menjadi anggota Polri dengan menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua,” ujarnya.

Abdul Karim juga mengatakan dengan berakhirnya program pembentukan pendidikan ini Polri telah berhasil menambah personel golongan Bintara dan Tamtama sebanyak 15.419. “Dengan berakhirnya program pembentukan pendidikan ini Polri telah berhasil menambah personel golongan Bintara dan Tamtama sebanyak 15.419 orang jumlah ini terdiri dari 14.771 Polisi Laki-laki dan 648 Polisi Wanita jumlah tersebut terbagi kedalam 13.226 Bintara Polri Tugas Umum, 500 Bintara Brimob, 100 Bintara Polair, 1947 Tamtama Brimob, dan 96 Tamtama Polair,” ujar Karim.

Setelah itu Abdul Karim juga menyampaikan kepada para siswa yang di lantik menjadi Bintara Remaja Polri agar dapat bertanggung jawab pada tugas sebagai Bhayangkara Negara. ” Mulai hari ini pada diri rekan-rekan telah melekat identitas dan kehormatan profesi serta tugas dan tanggung jawab sebagai Bhayangkara Negara, setiap sikap tutur kata dan prilaku akan menjadi tauladan bagi masyarakat,” ujar Karim.

Sementara itu saat diwawancarai, Ka SPN Polda Banten Kombes Pol Teddy Fanani menjelaskan selama 5 bulan para siswa menjalani pendidikan dan pelatihan terhitung mulai tanggal 25 Juli 2023 sampai dengan 21 Desember 2023. “Siswa Diktukba Polri Gelombang II Tahun 2023 menjalani pendidikan dan pelatihan selama 5 bulan sehingga pada hari ini tanggal 21 Desember 2023 para siswa resmi dilantik menjadi Bintara Polri, kemudian untuk penempatan berdasarkan Surat Telegram dari SSDM Mabes Polri telah membagi penempatan tugas diantaranya 8 orang di Mabes Polri kemudian 239 penempatan di Polda Banten,” kata Teddy.

(Ari)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!