Relawan KRI Buka Dapoer Umum di Lokasi Bencana Erupsi Semeru

  • Bagikan

Lumajang – Pelitanusantara.com Baru saja redaksi mendapatkan informasi kegiatan relawan bencana dari lokasi Bencana Gunung Semeru. melalui salah seorang relawan dari KRI Kab. Bekasi.


Siang ini bersama dengan warga setempat KRI Rescue mempersiapkan makan siang untuk warga terdampak dan para relawan yag ada disekitar Posko mereka.

Menurut Gunawan masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru sangat tertolong dengan kehadiran mereka dan para relawan saling bahu-membahu dalam melakukan giat bersama.


Gunawan Anggota KRI Rescue yang juga tergabung dalam TRC-IKA RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) Kab, Bekasi dengan Call Sign JZ10QGU menambahkan bahwa pagi, KOMUNITAS RELAWAN INDEPENDEN DALAM PENANGANAN BENCANA APG SEMERU HARI RABU, 8 DESEMBER 2021, berkekuatan 10 personil melaksanakan pencarian korban bersama SAR Gabungan dimulai pukul 06.30 WIB. di daerah Kp. Renteng, Candipuro, Lumajang. Team melakukan penggalian untuk mengevakuasi salah satu warga yang diduga masih tertimbun didalam rumah. Tapi pukul 10.40 WIB operasi dihentikan sementara dan seluruh personil diperintahkan untuk turun ke titik aman dikarenakan terjadi APG Susulan dari puncak Semeru.

Sementara dari tim lain melaporkan bahwa: Pada pukul 06.00 wib ditemukan 2 orang korban laki-laki dan perempuan dicurah kobokan kondisi meninggal dunia. Adapun ciri-ciri korban perempuan di paha sebelah kanan ada pen bekas patah tulang, .Sedangkan pada pukul 09.45 ditemukan kembali 1 orang korban anak laki-laki kira-kira berusia 6th di Sektor A Curah Kobokan dalam kondisi telah meninggal dunia, masih disekitar lokasi yang sama pada pukul 10.15 juga ditemukan 1 korban laki-laki, juga dalam ondisi telah meninggal. Selanjutnya semua korban dievakuasi ke RSUD Haryono Lumajang.

Dalam giat ini rekan raken dari RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) membantu para tim relawan dalam hal komunikasi dengan Radio mereka baik VHF muupun HF. “Menang dalam kondisi darurat Radio Komunikasi sangat diperlukan dan efektif ungkap salah satu anggota RAPI dari Kabupaten Bekasi”

Ketika ditanyakan terkait pendanaan dari relawan KRI Rescue, Gunawan JZ10QGU mengatakan mereka menggalang dana secara independen dan transparan, salian dari menggunkan dana pribadi. Menutup obrolan di siang ini. QQ

Catatan:
Korban Meninggal Dunia 38
Dalam Pencarian 12
Hilang 0
+Jumlah korban setiap saat bisa berubah

  • Bagikan