Promosi Cabai Murah, Konsumen Bahagia, Inflasi Terjaga.

yupiterjogja
Img 20231222 Wa0099
Spread the love

SLEMAN-Pelitanusantara.com, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Champion cabai Kabupaten Sleman kembali gelar promosi produk hortikultura khususnya komoditas cabai.

Produk cabai rawit dan cabai keriting yang dipromosikan ini disuplai oleh titik kumpul cabai Kabupaten Sleman, Kegiatan dilaksanakan di pasar tani Kabupaten Sleman, bertempat di Lapangan Pemda Sleman ,Jumat (22/12/2023).

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman Ir. Suparmono, MM. mengatakan gerakan promosi cabai harga petani ini merupakan upaya antisipasi terjadinya inflasi dari peningkatan permintaan komoditas cabai menjelang hari raya nasional.

Secara nasional gerakan ini merupakan intruksi Kementrian Pertanian bersama Direktorat Sayuran dan Tanaman Obat (STO).

Ir.Suparmono,MM, menuturkan, menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, kebutuhan masyarakat tinggi sehingga harga cabai diprediksi terus merangkak naik, oleh karenanya diperlukan upaya pengendalian.

Menurut Suparmono ketersediaan produksi komoditas cabai menurun karena El Nino, tetapi masyarakat tidak perlu khawatir karena stok cabai di Kabupaten Sleman dalam kondisi aman.tutur Kadis Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sleman.

Kegiatan gerakan promosi penjualan cabai harga petani bersama Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan dan Champion cabai Kabupaten Sleman ini sebelumnya telah digelar selama sepekan dimulai pada Jumat (15/12) kemarin di pasar tani lapangan Pemkab Sleman dan dilanjutkan ditiap titik kumpul cabai dan diakhiri hari ini 22 Des 2023 di Pasar Tani Lapangan Pemkab Sleman, dengan jumlah yang disediakan 100 kg perharinya.

Untuk harga jual cabai sesuai harga dasar petani, dimana cabai keriting setengah kilo kita jual Rp 30.000/kg Sedangkan cabai rawit Rp 50.000/kg, ujarnya.

Adapun harga cabai kriting dipasaran saat ini mencapai Rp 50.000 sd 60.000/kg. Sedangkan cabai rawit Rp 68.000 sd 70.000/kg.

Salah satu petani Champion Cabai Kabupaten Sleman Ardhi Prasetyo mengungkapkan, gerakan promosi cabai ini diharapkan dapat membantu masyarakat dengan harga jual cabai seperti dari petani, masih segar, murah dan berkualitas bagus.
Harga cabai tinggi membuat konsumen membeli dengan harga mahal, sementara keuntungan petani lumayan besar, promosi ini adalah wujud upaya meringankan beban khususnya konsumen cabai dan untuk menjaga inflasi.

Kami menjual cabai dengan harga petani ini sebagai wujud utk memotong rantai pemasaran, sehingga harga lebih terjangkau,pungkasnya. (Ome)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!