Presiden Joko Widodo Resmikan Rumah Sakit Tzu Chi Hospital di Pantai Indah Kapuk Jakarta

Img 20230614 Wa0132
Spread the love

Jakarta, 14 Juni 2023.    –  Pelitanusantara.com Presiden Joko Widodo Resmikan Rumah Sakit Tzu Chi Hospital di Pantai Indah Kapuk Jakarta. Presiden Joko Widodo didampingi dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, meresmikan Tzu Chi Hospital yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara, pada tanggal 14 Juni 2023.

“Ini adalah rumah sakit, saya sangat menghargai pembangunan rumah sakit ini. Rumah sakit dengan kapasitas 576 kamar, dengan sarana dan prasarana peralatan rumah sakit yang begitu sangat canggih, kita ingin semuanya sehat. Tetapi kalau pas sakit, jangan pergi ke luar negeri. Pergi saja ke rumah sakit Tzu Chi Hospital,” ujar Jokowi.
“Kita kehilangan devisa karena bayarnya ke luar negeri, kehilangan devisa USD 11,5 miliar. Rp 170 triliun hilang gara-gara berobat ke luar negeri. Sekarang stop. Pergi saja ke Tzu Chi Hospital,” lanjut Jokowi.

 Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri peresmian Tzu Chi Hospital di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, dengan ditemani Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin hingga Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto. Dalam rangkaian acara tersebut, Jokowi akrab berjalan bareng Budi, Prabowo, hingga Sugianto Kusuma atau Aguan yang hadir di lokasi.

Tzu Chi Hospital adalah rumah sakit yang berdiri di bawah naungan Yayasan Buddha Tzu Chi Medika Indonesia yang memegang prinsip menghargai jiwa, mengutamakan kehidupan dan cinta kasih serta diharapkan dapat menjadi rumah sakit rujukan ideal yang dapat menjadi contoh yang baik dalam dunia kedokteran.
Tzu Chi Hospital mulai membuka layanan kesehatan untuk pasien covid pada 14 Juni 2021 saat pandemi covid sedang mencapai puncaknya dan membuka layanan untuk pasien umum sejak 1 Oktober 2021.
Sesuai dengan program pemerintah, pendirian Tzu Chi Hospital dilatarbelakangi oleh banyaknya masyarakat Indonesia yang berobat keluar negeri. Data yang ada menunjukkan 2 juta masyarakat Indonesia ke luar negeri untuk berobat dan mengeluarkan devisa sekitar 97 triliun rupiah pertahunnya.
Selain itu, masih banyaknya pasien dengan kategori masyarakat berpenghasilan rendah yang belum mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal juga turut melatar belakangi pendirian Tzu Chi Hospital. Hal-hal tersebut mendorong Tzu Chi Hospital untuk berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan yang mengedepankan profesionalisme, berkualitas internasional, dengan sentuhan humanis yang hangat dan kekeluargaan.
Tzu Chi Hospital diharapkan akan menjadi mitra strategis pemerintah dalam melaksanakan transformasi kesehatan dan mampu meningkatkan kapasitas pelayanan kesehatan di dalam negeri. Hal tersebut diharapkan dapat mendukung peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dan mendorong berkurangnya masyarakat Indonesia untuk berobat ke luar negeri sehingga potensi kerugian devisa negara dapat diminimalisir.
Struktur bangunan rumah sakit dirancang tahan gempa hingga 9 SR, dengan konsep desain sesuai perkembangan rumah sakit masa kini, yaitu memanfaatkan cahaya alami secara optimal, sirkulasi udara yang baik, penghijauan, berteknologi tinggi, dan pelayanan yang berorientasi pada pasien.

 default

Tzu Chi Hospital direncanakan memiliki layanan spesialis/sub-spesialis yang lengkap dengan lima layanan unggulan, antara lain Transplantasi Sumsum Tulang, Perawatan Paliatif, Penanganan Kanker, Bedah Saraf, dan Perawatan Ibu dan Anak.
Salah satu keunggulan Tzu Chi Hospital adalah Layanan Transplatasi sumsum Tulang yang masih jarang ditemukan di Indonesia. Layanan ini akan mulai dibuka bulan Juli 2023. Saat ini sudah bergabung dengan Tzu Chi Hospital dokter spesialis dan perawat yang yang telah mendapat pendidikan tentang transplantasi di luar negeri.
Peralatan penunjang transplatasi yang memenuhi standard internasional juga telah dimiliki oleh Tzu Chi Hospital. Untuk laboratorium pemeriksaan selain dilakukan laboratorium Tzu Chi Hospital sendiri juga bekerjasama dengan laboratorium di luar Tzu Chi Hospital seperti RS Dharmais, mikrobiologi UI, parasitologi UI, dan Puslabfor Polri.

“Unit transplantasi yang memenuhi standard internasional saat ini sedang tahap finishing. Untuk laboratorium pemeriksaan selain dilakukan laboratorium Tzu Chi Hospital, juga bekerjasama dengan laboratorium di luar Tzu Chi Hospital seperti RS Dharmais, mikrobiologi UI, parasitologi UI, dan Puslabfor Polri”, papar dr Gunawan Susanto, SP.Bs, Direktur Utama Tzu Chi Hospital.
Didukung oleh peralatan canggih yang saat ini sudah tersedia, seperti Advanced 4D Cardiac MRI 3 Tesla, 4D CT-Scan 512 Slices, 3D Mamografi, Rehabilitasi robotik, Elekta Linac Versa HD, PET/CT dan SPEC/CT serta kamar operasi Hybrid yang dilengkapi dengan CT-Scan dan Robotic C-Arm sehingga mempermudah jalannya operasi dan meningkatkan keselamatan pasien.

Dalam upaya meningkatkan kenyamanan dan keselamatan bagi pasien dan keluarga, Tzu Chi Hospital menyediakan konsep pelayanan one stop service yang diharapkan pasien dapat dilayani semaksimal mungkin di satu tempat, mulai dari pendaftaran, konsultasi dokter, pembayaran hingga pengambilan obat.

Keberadaan tenaga medis dan non-medis yang profesional serta didukung oleh relawan pemerhati yang dengan budaya humanis Tzu Chi dan berpegang teguh pada nilai Ketulusan, Kebenaran, Keyakinan dan Kesungguhan diharapkan dapat mewujudkan pelayanan kesehatan yang setara dengan pelayanan kesehatan di luar negeri.

(***)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!