POLDA DIY SELENGGARAKAN LOMBA BHAYANGKARA MURAL FESTIVAL 2021

YOGYAKARTA – PELITANUSANTARA.COM Bhayangkara Mural Festival 2021 merupakan festival yang diselenggarakan oleh Mabes Polri dan serentak di seluruh Polda di Indonesia untuk mempertemukan berbagai komunitas dan pegiat mural ke dalam budaya mural Indonesia. Festival yang diselenggarakan oleh Polri ini mengangkat tema ā€œPeran Generasi muda untuk berkreasi dalam menyampaikan informasi yang positif di masa pandemi Covid-19ā€.

Rangkaian festival telah berlangsung sejak tanggal 17 September 2021 dimulai dengan tahap sosialisasi dan pendaftaran. Untuk Polda DIY dan masing-masing Polda di seluruh Indonesia pendaftaran terbuka hingga 17 Oktober 2021, sementara untuk wilayah Jabodetabek atau kawasan sekitar Mabes Polri, pendaftaran berlangsung hingga 21 Oktober 2021.

Ditingkat Polda DIY jumlah pendaftar ada 48 orang baik secara online maupun offline. Setelah dilakukan kurasi/penilaian oleh dewan juri dipilih 28 tim. Dari tim yang terpilih diambil 1 tim terdiri dari 2 orang untuk mewakili kegiatan lomba mural di Mabes Polri. Sedangkan 27 tim yang berjumlah 46 orang mengikuti giat lomba mural di tingkat Polda DIY.

Adapun Dewan Juri yang menilai ada 3 orang terdiri dari Dr. Sumbo Tinarbuko, M. Sn. (Dosen Desain Komunikasi Visual FSR ISI Yogyakarta), Joko Mursito, S. Sn., M.A. (Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo) dan Heru Widodo (pelukis). Sementara lokasi untuk lomba mural di tembok area Rumah Sakit Bhayangkara Polda DIY. Kegiatan tersebut diselenggarakan bersamaan HUT ke-70 Humas Polri dengan tema ā€œHumas Polri Siap Menjawab Tantangan di Era Teknologi Informasi Yang Aktual menuju Polri yang Presisiā€.

Acara puncak Bhayangkara Mural Festival 2021 yang dilaksanakan tanggal 30 Oktober 2021 ini disiarkan secara live streaming, dimana 5 perwakilan pemural DIY mendapatkan kesempatan untuk berdialog dengan Kapolri. Di Polda DIY kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kapolda DIY, Kabidhumas, PJU dan Kasi Humas jajaran Polda DIY. Dalam kesempatan tersebut Kapolda DIY bersamaan dengan Kapolri mengecat secara simbolis di papan mural dengan didampingi Kabidhumas Polda DIY.

Acara selanjutnya Kadivhumas Polri melaksanakan pemotongan tumpeng & berdialog dengan para Kabid se-Indonesia. Adapun prosesi pemotongan tumpeng dalam rangka HUT ke-70 Humas Polri dilakukan oleh Kabidhumas & diserahkan kepada 1 Dewan Juri & 1 Pemural.

Pada puncak acara lomba Bhayangkara Mural Festival 2021 Polda DIY hari ini, juga dilaksanakan Vaksinasi Covid 19 bagi keluarga pemural di RS. Bhayangkara Kalasan Polda DIY. Jumlah peserta Vaksin yang diberikan sebanyak 74 dosis Vaksin Sinovac.

Sebagai penutup pada lomba Bhayangkara Mural Festival 2021 telah diperoleh para pemenang juara lomba Bhayangkara Mural Festival 2021 yaitu Juara favorit Tim Wisanggeni (Deswita Wulandari, Siswi SMP 4 Depok Sleman dan Regina Joycelyn Setiawan, Siswi SMP Kalam Kudus Yogyakarta), Juara III Tim Teguh Paino Art (Teguh Paino dan Hambali Rakha),


Juara II Mulyo Gunarso dan Juara I hadiah diserahkan oleh Wakapolda DIY, Brigjen Pol R. Slamet Santoso, S.H., S.I.K., kepada Aan Gunawan.

Ā (Harun Sumadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.