Polda Banten Laksanakan Apel Gelar Operasi Zebra Maung 2023

Img 20230911 Wa0216
Spread the love

 

Serang – PN News || Polda Banten laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Maung tahun 2023 selama 14 hari terhitung mulai tanggal 11-24 September 2023 dengan tema “Kamseltibcarlantas Yang Kondusif Menuju Pemilu Damai 2024” di lapangan apel Polda Banten pada Senin (11/09).

Kegiatan di pimpin Wakapolda Banten Brigjen Pol H. M. Sabilul Alif didampingi PJU Polda Banten serta dihadiri Kasrem 064/MY, Dandenpom 34 Serang, kepala PT. Jasa Raharja cabang Banten, Kadishub Banten, Kasatpol PP Banten, kepala Bapenda Banten, Direktur PT. Astra Infra Tol, serta undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Wakapolda Banten Brigjen Pol H. M. Sabilul Alif menyampaikan amanat Kapolda Banten. “Apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauhmana kesiapan Polda Banten dan sebagai sarana konsolidasi serta pengecekan personel beserta kelengkapan Sarpras, Operasi Zebra Maung 2023 yang akan diselenggarakan selama 14 hari dimulai 11 hingga 24 September 2023, sehingga kegiatan oprasi dapat berhasil sesuai dengan tujuan dan target yang telah ditetapkan,” ucap Sabilul.

Sabilul menjelaskan tujuan dari dilaksanakan kegiatan. “Tujuan Operasi Zebra Maung 2023 yaitu cipta kondisi Kamseltibcarlantas, terciptanya situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar pada lokasi rawan kecelakaan, pelanggaran dan macet, meningkatnya ketertiban dan kepatuhan serta disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” kata Sabilul.

”Bahwa Operasi Zebra Maung tahun 2023 dengan sasaran segala bentuk potensi gangguan (PG), ambang gangguan (AG) dan gangguan nyata (GN) yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas,” tambah Sabilul.

Dalam kegiatan Operasi Zebra Maung tahun 2023 terdapat beberapa sasaran operasi. “Dengan tujuh prioritas sasaran yaitu pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi di bawah umur, pengendara yang berboncengan lebih dari dari satu orang, pengendara yang tidak menggunakan helm SNI, pengendara yang tidak menggunakan sabuk pengaman, pengendara yang dalam pengaruh alkohol, pengendara yang melawan arus, pengendara yang melebihi batas kecepatan,” jelas Sabilul.

“Untuk seluruh personel Polri didukung oleh stakeholder dapat mewujudkan kamseltibcarlantas, menurunkan jumlah pelanggaran, kecelakaan dan fatalitas kecelakaan lalu lintas serta meningkatkan kualitas pelayanan,” terang Sabilul.

Sabilul menekankan beberapa penekanan yang harus dipenomani dan dilaksanakan. “Selalu berdoa sebelum melaksanakan tugas, utamakan faktor keamanan dan keselamatan, pedomani dan terapkan pola operasi, tingkatkan kedisiplinan personel, lakukan penegakan hukum lantas secara elektronik serta lakukan pengawasan dan pengedalian yang ketat,” jelas Sabilul.

Saat ditemui Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Didik Hariyanto mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara serentak. “Hari ini pelaksanaan apel gelar pasukan secara serentak seluruh Indonesia, apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Zebra Maung 2023 yang dilaksanakan selama 14 hari,” terang Didik.

Didik mengatakan pelaksanaan tetap menggunakan ETLE namun tetap melaksanakan tindakan penegakan hukum secara manual jika terdapat pengendara yang membahayakan pengendara lainnya. “Sasaran kegiatan ini yaitu 60% represif atau penegakan hukum, 20% preemtif dan 20% preventif, penegakan hukum masih tetap berbasis dengan ETLE namun tidak menutup kemungkinan jika ada masyarakat yang melanggar kasat mata atau membahayakan pengguna lainnya akan dilakukan penegakkan hukum secara manual,” tutup Didik .

(Ari)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!