PEWARNA Indonesia Menyaksikan Kesuksesan Wisuda Ke-3 IAI Al-AZIS di Pondok Pesantren Al-Zaytun

Han_up2000
Whatsapp Image 2023 05 21 At 19.49.30
Spread the love

Indramayu, pelitanusantara.com. Pondok Pesantren Al-Zaytun, sebuah pusat pendidikan yang menjadi simbol toleransi budaya, telah sukses menyelenggarakan acara wisuda ke-3 dan PEWARNA Indonesia turut hadir untuk menyaksikannya pada Sabtu (20 Mei 2023). Acara yang berlangsung di Mini Zeteso, Gedung Ali bin Abi Thalib, Al-Zaytun ini berhasil mempertontonkan kemegahan dan keberhasilan pendidikan Islam yang diterapkan di IAI Al-AZIS.

Lebih dari 160 mahasiswa dari tiga fakultas berpartisipasi dalam momen bersejarah ini. Fakultas Tarbiyah membanggakan dengan 42 lulusan, terdiri dari 31 wisudawan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan 11 wisudawan Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Syifaus Sabilah, S.Pd. dari Prodi PBA, meraih penghargaan wisudawan terbaik dari Fakultas Tarbiyah dengan IPK 3,93, menegaskan prestasi yang dihasilkan oleh mahasiswa di bidang pendidikan.

Fakultas Syariah juga turut merayakan keberhasilan dengan diwakili oleh 87 wisudawan, di antaranya 26 wisudawan dari Prodi Hukum Tatanegara (Siyasah) dan 61 wisudawan dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah). Fitri Anisa, S.H. dari Prodi Muamalah, menjadi wisudawan terbaik dari Fakultas Syariah dengan IPK 4,0, memperlihatkan keunggulan akademik yang diperoleh dalam studi hukum Islam.

Sementara itu, Fakultas Dakwah turut berbangga dengan keberhasilan 31 orang wisudawan, terdiri dari 9 orang Prodi Manajemen Dakwah (MD) dan 22 orang Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI). Budi Santoso, S.Sos. dari Prodi MD, dinobatkan sebagai wisudawan terbaik dari Fakultas Dakwah dengan IPK 3,81, membuktikan kemampuan luar biasa dalam mempelajari ilmu dakwah dan komunikasi Islam.

Acara wisuda ini menjadi momentum yang dihadiri oleh sejumlah tamu penting dari berbagai instansi. Hadir dalam kesempatan tersebut adalah Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Nasrani (PEWARNA) Indonesia, Dr. H. Ramdani Wahyu Sururie, M.Ag., M.Si., Bidang Ahli Akademik Kopertais Wilayah II Jawa Barat, Letjen (Purn.) Kivlan Zein, S.IP., M.Si., Dosen Purna Tugas IAI AL-AZIS, Drs. Ch. Robin Simanullang, seorang Wartawan Senior Majalah Tokoh Indonesia, dan Prof. Dr. (H.C.) Dahlan Iskan, Menteri BUMN pada Kabinet Indonesia Bersatu II.

Rektor IAI AL-AZIS, Datuk Sir Imam Prawoto, KRSS, S.E., M.B.A., C.R.B.C., dalam sambutannya, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang turut serta dalam membantu perjalanan pendidikan dan mengawal kelulusan para mahasiswa hingga mencapai titik penting ini. Rektor menjelaskan pentingnya keterkaitan antara wisuda ke-3 IAI AL-AZIS dengan program pembangunan jangka panjang Ma’had Al-Zaytun, khususnya dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

Tema wisuda kali ini, yaitu “Mewujudkan Masyarakat Sehat, Cerdas, dan Manusiawi dalam Perspektif Pembangunan Gelombang Kedua Al-Zaytun”, juga menjadi sorotan dalam pidato Rektor. Ia menyampaikan bahwa IAI Al-AZIS, Al-Zaytun, adalah kampus yang mementingkan kesehatan secara akademik dan produktivitas. Rektor juga mengingatkan pentingnya mengantisipasi kemajuan teknologi yang berkembang saat ini dengan baik, sehingga pendidikan tidak hanya mengandalkan teknologi semata, tetapi juga tetap menjunjung tinggi pembelajaran manual. Ia mengimbau agar para dosen dan sivitas akademik mengikuti perkembangan teknologi dengan bijak.

Letjen (Purn.) Kivlan Zein turut memberikan pandangannya dalam acara tersebut. Ia mengungkapkan bahwa tujuan utama Al-Zaytun adalah untuk Allah dan manusia. Al-Zaytun dengan bangga mengajarkan disiplin dan memanusiakan manusia melalui pendidikan yang dikembangkan di kampus tersebut. Zein memberikan pesan kepada para mahasiswa wisudawan untuk berkontribusi dalam memajukan bangsa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ia juga menyampaikan harapannya bahwa Al-Zaytun dapat terus memberikan keamanan dan kesejahteraan bagi bangsa Indonesia.

Prof. Dr. (H.C.) Dahlan Iskan, Menteri BUMN pada Kabinet Indonesia Bersatu II dan seorang wartawan senior, memberikan tausiyah yang menginspirasi dalam acara wisuda ini. Iskan merasa terharu dengan upaya yang dilakukan oleh Al-Zaytun dalam membangun kapal penangkap ikan yang mampu berlayar lama di laut dengan peralatan yang lengkap. Selain itu, ia menekankan pentingnya kepemimpinan dan kemampuan manajerial yang baik bagi lulusan perguruan tinggi, agar mereka dapat sukses di berbagai bidang kerja.

Syaykh Al-Zaytun Grand Chancellor, Prof. Dr. AS. Panji Gumilang, M.P., menyampaikan orasi ilmiah yang penuh semangat. Dalam orasinya, Syaykh menekankan pentingnya keberanian dalam menjual gagasan dan menghadapi perkembangan zaman dengan berani. Gagasan-gagasan tersebut akan terus berkembang dan diwariskan melalui pendidikan. Syaykh juga menyoroti pentingnya cinta tanah air dan kebersamaan di Indonesia, di mana hidup bersama harus didasarkan pada integritas dan moral yang tinggi.

Dalam akhir acara, para wisudawan menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak terkait yang telah mendukung mereka sepanjang perjalanan pendidikan. Fitri Anisa, S.H. dari Fakultas Syariah Prodi Muamalah, mewakili para wisudawan dalam menyampaikan ucapan terima kasih, sementara janji wisudawan dibacakan oleh Ariane Nafila, S.Pd. dari Fakultas Tarbiyah Prodi PBA. Dengan semangat dan tekad yang tinggi, para lulusan siap melangkah ke dunia nyata dan memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan masyarakat.(APM)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!