Pesan Wapres pada Muktamar ke-41 Al Irsyad Al Islamiyyah: Ciptakan SDM Unggul yang Transformatif, Visioner dan Inovatif

Banyumas,  – Indonesia akan memasuki usia emas 100 tahun pada 2045. Menuju usia emas ini, Indonesia bercita-cita untuk menciptakan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat. Oleh karena itu, sebagai upaya mewujudkan cita-cita ini, diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, untuk mengisi pembangunan di segala bidang.

“Kita harus mencapai cita-cita kemajuan, pembangunan, pemerataan, keadilan itu dalam tempo 23 tahun ke depan karena itu perlu sumber daya manusia unggul juga perlu pemimpin yang transformatif dan visioner dan inovatif sehingga tujuan kita itu akan bisa tercapai dengan cepat, Insyaa Allah” tutur Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin dalam sambutannya pada acara Peresmian Pembukaan Muktamar Nasional ke-41 Al Irsyad Al Islamiyyah di Hotel Java Heritage, Jalan Dr. Angka Nomor 71, Karangkobar, Sokanegara, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Rabu (23/11/2022).

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, SDM unggul ini dapat tercipta salah satunya dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Kuncinya adalah ilmu pengetahuan dan teknologi, karena ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan bagian yang harus dimiliki oleh umat,” papar Wapres.

Disamping itu, tambah Wapres, SDM unggul juga perlu diimbangi dengan penguasaan ilmu agama.

“Saya harap Al Irsyad juga menyiapkan sumber daya manusia yang _al-muttafaqihina fiddin_, yang menguasai agama, apalagi melakukan tajdid-tajdid itu (pembaruan),” imbuh Wapres.

Bagi umat Islam khususnya, menyiapkan SDM unggul adalah perintah Allah _subhanahu wa ta’ala_. Sebab, sumber daya tersebut yang akan bertanggung jawab melaksanakan kewajiban untuk memakmurkan bumi di segala bidang.

“Untuk memakmurkan bumi adalah melalui _asbabul imarra_ yang bisa menyebabkan sebab-sebab kemakmuran bumi adalah membangun kegiatan ekonomi, apa itu pertanian, perkebunan, perdagangan, pertambangan, industri, dan berbagai kegiatan,” papar Wapres.

Menutup sambutannya, Wapres menegaskan, bahwa seluruh sumber daya yang dimiliki oleh Indonesia, baik SDM maupun sumberdaya alam, harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan sejahtera.

“Kita harus yakin bahwa Indonesia dengan seluruh kekayaan alam yang dianugerahkan Allah serta budaya dan ketangguhan seluruh elemen masyarakatnya akan mampu melahirkan generasi penerus untuk mewujudkan visi Indonesia emas 2045,” pungkas Wapres.

Hadir dalam acara ini Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Banyumas Achmad Husein dan Ketua Umum Pimpinan Pusat Al Irsyad Al Islamiyyah Faisol Nasar Bin Madi.

Sementara Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres, Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Mohamad Nasir, Masduki Baidlowi dan Robikin Emhas, serta Tim Ahli Wapres Johan Tedja Surya dan Farhat Brachma. (NN/AS, BPMI – Setwapres – KEFAS HERVIN DEVANANDA

Tinggalkan Balasan