PENYERAHAN ARMADA TANGKAP DAK DAN KUR

Morotai – Pelitanusantara.com | Bupati Morotai, Benny Laos menyerahkan 47 armada tangkap untuk nelayan di SKPT Morotai (03/ 01/ 2020). Program pegadaan armada tangkap berbobot 1,5-3 GT dan 1,5-4 GT diadakan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) dan bantuan modal Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Morotai.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Suryani Antarani menyampaikan bantuan modal KUR untuk satu armada senilai 50 juta rupiah. Total 26 armada yang diadakan lewat skema KUR yang menelan 1,3 milyar. Sisanya 21 armada diadakan menggunakan DAK.

Pemda menargetkan pengadaan 1000 armada lewat KUR, yang akan dilaksanakan bersama bank mitra Pemda Morotai. Menurut Bupati, “Program [KUR] sengaja didesain untuk kemandirian nelayan. Nelayan didorong untuk memiliki armada sendiri atau meremajakan armada yang sudah kurang laik berlayar”.

Pemda Morotai juga terus berkomitmen mengembangkan potensi perikanan. Mengingat kontribusi subsektor perikanan tangkap terhadap peningkatan produksi perikanan dalam menunjang program pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT).

Kedepan, Pemda terus mendorong penyediaan sarana prasarana sperti cold storage, stasiun pengisian bahan bakar nelayan (SPBN), hingga rumpon. Untuk meminimalisir kecelakaan di laut, Pemda juga membantu penyediaan alat navigasi, jaket pelampung, dan asuransi.

Pemda Morotai lewat DKP akan terus meningkatkan kuantitas maupun kualitas SDM nelayan, armada, serta sarana/ prasarana untuk kemajuan perikanan Morotai. (PN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *