Pengurus Panguron Jalak Banten Nusantara se-DIY di Kukuhkan.

yupiterjogja
Img 20230628 Wa0022
Spread the love

SLEMAN-PN NEWS,Dewan Pengurus Wilayah (DPW) dan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Paguron Jalak Banten Nusantara se DIY dikukuhkan , bertempat di Sasana Jemparingan Sambi Sena , Maguwoharjo , Kapanewon Depok Sleman,Minggu (25/6/ 2023).

Acara diawali dengan kirab Pusaka Nusantara membawa sepasang tombak pusaka “Kyai Udan Berkah” sebagai perlambang permohonan keberkahan kepada yang maha kuasa yang dipanggul oleh 4 orang personil Komando Inti (KOTI) Pemuda Pancasila Kecamatan Depok, Sleman.

Prosesi kirab diawali dengan penampilan 40 pasukan Bergodo Prajurit Sambi Raharjo dengan senjata tombak dan panah dengan iringan musik yang rancak dan semangat. Dibelakang bergodo prajurit tampak sekitar 25 pesilat dari SD.Nanggulan binaan Popsi Bayu Manunggal, kemudian berturut turut mengikuti Grup Tari Edan-Edanan Sambi Anjani, Grup Gejog Lesung Sambi Rahayu,  Grup Barongsai Arya Grup dari Wonosobo dan Santriwati Panti Asuhan Sasana Kreatif Mandiri. Kirab terasa makin semarak dengan kehadiran dua Gerobak Sapi yang di tumpangi Dewan Pembina PJBN DIY dan Pengurus Panti Asuhan Sasana Kreatif Mandiri.

Perjalanan kirab berlangsung selama  45 menit dangan titik awal di Panti Asuhan Sasana Kreatif Mandiri Sambilegi menuju Lapangan Jemparingan Sambi Sena, Sambilegi Kidul, Maguwoharjo, Depok, Sleman.

Di Lapangan Jemparingan Sambi Sena digelar pentas seni dan budaya menampilkan Tari Edan-Edanan, Gejok Lesung, Pencak Silat, Demo Jemparingan yang dipandu oleh Grup Jemparingan Sambi Sena Sambilegi dan Atraksi Barongsai serta santunan kepada anak anak yatim dan dhuafa binaan Panti Asuhan Sasana Kreatif Mandiri.

Sebagai penutup acara dilakukan kegiatan Pengukuhan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Paguron Jalak Banten DIY oleh Dewan Pimpinan Pusat yang diwakili oleh Kepada Bidang SDM Adi Kurniawan. Dalam sambutannya Adi Kurniawan berharap seluruh Pengurus PJBN di Yogyakarta agar tetap kompak dalam menjalankan organisasi dan menjadi ujung tombak pelestari seni dan budaya. ” Selamat bertugas Menjadi Pelestari Seni dan Budaya dibawah naungan Paguron jalak Banten Nusantara “, pesannya.

Sementara untuk pengukuhan DPD se DIY dilakukan oleh Ketua  DPW.DIY R.M.B.Ariyanto & Sekretaris DPW DIY Moh.Fausi, S.H.,M.H. ” Sementara ini untuk DIY sudah terbentuk 4 DPD, yaitu Bantul, Sleman, Gunungkidul dan Kota Jogja, sementara kamis masih punya PR untuk membentuk DPD Kulonprogo”, ungkap Ketua DPW PJBN DIY yang akrab dipanggil Ariyo ini.

Hadir dalam acara tersebut, Dewan Penasehat DPW.PJBN DIY Brigjen Pol (Purn) Drs.Muharom Riyadi, Dra.Hj.Sofiatun Gudono, M.Si.,Ak,CPA, Tokoh Masyarakat Budaya Jogja Yani Saptohudoyo, Perwakilan dari Polda DIY Kompol Maryoto, Anggota DPRD Sleman Budi Sanyoto, Dukuh Sambilegi Kidul Febrianto dan seluruh pecinta seni budaya Dusun Sambilegi, Maguwoharjo, Depok, Sleman.(Ome)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!