Pemkab Sleman Luncurkan Tiga Inovasi Adminduk dan Tandatangani Kerjasama Posyanduk Dengan 68 Kalurahan.

yupiterjogja
Img 20230613 Wa0039
Spread the love

SLEMAN-PN NEWS, Dalam rangka peningkatkan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk), Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Sleman, meluncurkan sejumlah inovasi, bertempat di hotel Grha Sarina Vidi, Mlati, Sleman, Selasa, (13/6/2023).

Peluncuran dilakukan secara simbolis oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo.

Diantara inovasi yang diluncurkan yakni : Inovasi Gerakan Pemutakhiran Data Kartu Keluarga (Gapura Datuk)., Inovasi Sistem Geospasial Data Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (SIGo Dukcapil)., dan Inovasi Pelayanan Adminduk di hari Sabtu (Laritu).

Hal ini merupakan tidak lanjut dari Peraturan Bupati Sleman Nomor 34.1 Tahun 2023 Tentang Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan Kabupatan Sleman, dalam upaya pelaksanaan program sadar memutakhirkan data penduduk dan program pemanfaatan data kependudukan.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menyebut hal ini merupakan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Sleman untuk memberikan pelayanan terbaik terkait adminduk kepada masyarakat.

Diharapkan dengan diluncurkannya inovasi ini dapat semakin memudahkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat Sleman dalam mengurus administrasi kependudukan.

Akurasi data kependudukan merupakan pondasi dari penyusunan kebijakan yang tepat sasaran, tutur Bupati.

Sementara itu , Kepala Dukcapil Sleman, Susmiarto, menjelaskan bahwa Gapura Datuk merupakan upaya sosialisasi Dukcapil Sleman untuk meningkatkan kesadaran masyarakat guna memutakhirkan data Kartu Keluarga sebagai strategi untuk meningkatkan akurasi data kependudukan. Adapun hasil yang diharapkan adalah urusan kependudukan apat berjalan lancar, pelayanan tepat sasaran, dan tersajinya data kependudukan yang berkualitas.

Data Kependudukan secara spasial dapat dilihat melalui halaman depan website dukcapil.slemankab.go.id dengan judul SIGo Dukcapil Sleman, jelasnya.

Dinas Dukcapil Kabupaten Sleman juga meluncurkan pelayanan pada hari Sabtu atau Laritu. Inovasi ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan pada masyarakat yang akan mengurus adminduk di hari libur akhir pekan, Pelayanan Laritu sendiri dibuka sampai pukul 12.00,wib.

Hal Ini berkaca dari pelayanan adminduk di hari lebaran kemarin, ternyata antusias masyarakat mengurus adminduk di hari lubur cukup banyak, ujarnya.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Perubahan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Pos Pelayanan Dokumen Kependudukan (POSYANDUK) dengan 61 kelurahan, dan ditambah 7 kalurahan baru.

Ini merupakan kerjasama yang diinisiasi perangkat kalurahan, dukuh, hingga Ketua RW dan RT, dengan Pemkab Sleman guna memudahkan masyarakat dalam mengajukan dokumen kependudukan melalui POSYANDUK, jadi sekarang sudah ada 68 kalurahan yang menandatangani kerja sama.

Harapan kami kalurahan lainnya bisa bekerjasama terkait POSYANDUK ini untuk kemudahan pengurusan adminduk, pungkas Susmiarto.(Ome)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!