Pelantikan DPD Lasqi Kota Bekasi dan Festival Qasidah

  • Bagikan

Pelitakota.com Kota Bekasi – Seni qasidah adalah tradisi budaya masyarakat Bekasi yang memiliki peran yang penting dalam menebarkan dakwah Islam di tengah-tengah masyarakat.

“Hanya saja, salah satu seni Islam ini perlahan mulai ditinggalkan dengan derasnya arus budaya asing yang masuk mewarnai keseharian masyarakat Indonesia. LASQI Kota Bekasi perlu bekerja sungguh-sungguh untuk melakukan pengembangan – pengembangan dalam seni qasidah ini agar dapat kembali dinikmati masyarakat luas.

Pelantikan DPW Lasqi Kota Bekasi ini terlaksana atas dukungan Pemerintah Kota Bekasi, Turut hadir saat acara ini, Calon ketum DPD Lasqi Kota Bekasi Yang akan dilantik H.Heri Koswara.MA, Ketua Umum DPW Lasqi Jawa Barat Ir. Hj. Eni Sumarni.MK, Ketua Harian DPD Lasqi Kota Bekasi H.M.Qomar, Camat Bekasi Barat Maka Nachrowi, Lurah Bintara Darsono, Kepala Kementerian Agama kota Bekasi H.Shobirin.S.Ag.M.Si, Kasubag kesejahteraan kota Bekasi Ahmad Yani, ketua Basnaz kota Bekasi H. Ismail Hasyim.SHI,M.Sos, Kadis Parbud Dr.Moh.Ridwan.MM, Ketua DPW Lasqi DKI Jakarta H. Zaenal Amin, ketum Sisgam Jakarta H.Toto Maryanto, ketum Lasqi Kabupaten Bekasi Hj. Nining, Sekcam Kecamatan Jati Asih Dedi Sumarjan, Bendahara umum Lasqi DKI Jakarta Hj.Latifa. Tiga Dewan Juri Nasional , Usman M Noor, Abas Mubasir, Iriyanto, Dan para Peserta Lasqi sekota Bekasi.

Ketua Harian LASQI, H. M. Qomar menambahkan bahwa LASQI merupakan lembaga nasional yang tidak hanya mencakup seni qasidah, tetapi termasuk di dalamnya: marawis, hadrah, dan gambus. Dan prestasi DPD Lasqi Kota Bekasi pada 2020 telah membuat nama harum Pemkot Bekasi di Provinsi Jawa Barat menyabet juara 2 dalam ajang lomba festival secada virtual sedangkan tingkat nasional pada 2019 Lasqi DPD Kota Bekasi menyabet juara 2, Ujar ketua Harian H.M.Qomar.

Sementara itu Ketua Umum Lasqi DPD Kota Bekasi, Heri Koswara mengaku terpanggil dirinya untuk memimpin lembaga seni tarik suara di Kota Bekasi. Menurutnya, belum banyak orang yang tertarik mengembangkan seni dan qasidah untuk eksis hingga tingkat nasional.Kita dorong juga anak – anak muda agar minat mengembangkan kreativitasnya melalui Lasqi Kota Bekasi.

Keberadaan lembaga seni ke Islaman harus terus didukung baik dalam anggaran dan sarana prasarana. Pemerintah harus dapat melihat lembaga ini, sebagai potensi untuk meningkatkan kemampuan kreativitas warganya.

Dalam sambutannya ketua DPD Lasqi Kota Bekasi, ” mengucapkn terima kasih atas kepercayaan yang sudah diberikan kawan-kawan kepadanya. Ia akan bertekat bersama-sama mempromosikan destinasi seni qasidah kepada warga masyarakat kota Bekasi, Tentu hal ini bisa terlaksana atas dukungan semua pihak, ” ujarnya.

Juara Pertama festival Lasqi tingakat Kota Bekasi :
1. Kecamatan Bekasi Utara Team Qasidah Srikandi Utara Juara Terbaik 1
2. Kecamatan Bekasi Utara Team Qasidah AL Anwariah Juara terbaik 2
3. Kecamatan Bekasi Utara Team Qasidah Bintang Kejora Juara terbaik 3
4. Kecamatan Bekasi Barat Team Qasidah Al-Hidayah dari Kelurahan Jakasampurna Juara Harapan 1
5. Bekasi Selatan Team Qasidah Tarbiyatul Ibad Juara Harapan 2
6. Kecamatan Mustika Jaya Team Qasidah Nursalam Juara Harapan 3
7. Kecamatan Jati Asih Team Qasidah Elkanuria Juara Favorit 1
8. Kecamatan Bekasi Selatan Team Qasidah Gema Al-Hidayah Juara Favorit 2
9. Kecamatan Medan Satria Team Qasidah Srikandi 45 Juara Favorit 3.

( M.Lutfi.F )

  • Bagikan