Pelajar Karangpandan dan Warga Ngargoyoso Sabet Predikat Terbaik di Lomba Kreanova Karanganyar 2023

Img 20230531 Wa0025 1536x864
Spread the love

KARANGANYAR,PELITANUSANTARA.COM – Pelajar Karangpandan dan warga Ngargoyoso meraih predikat terbaik di Lomba Kreanova Kabupaten Karanganyar 2023. Keduanya meraih juara satu untuk kategori pelajar dan masyarkat.

Pelajar dari SMA Karangpandan yakni Arya Swandaru dan Nafi Wiyar Kiyani meraih juara satu dengan karya inovasinya pemanfaatan daun kakao daun katuk untuk kesehatan.

Karyanya menyisihkan dua rivalnya lainnya untuk kategori pelajar.

Sementara Angga Restu Kurniawan warga Puntukrejo Ngargoyoso meraih juara satu dengan karyanya peningkatan pendapatan desa melalui pengelolaan sampah.

Penyerahan hadiah dilakukan di Aula Baperlitbang Karanganyar Rabu (31/5). Kegiatan dihadiri Wakil Bupati Karanganyar Rober Christano dan Sekretaris Daerah Karanganyar, Timotius Suryadi.

Kepala Baperlitbang Kabupaten Karanganyar, Dwi Cahyono mengatakan Lomba krenova ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan dan diikuti oleh pelajar dan masyarakat umum. Untuk karya-karya pelajar dan warga Karanganyar mampu berprestasi di tingkat Soloraya.

“Dua  tahun terakhir untuk wilayah Subosukowonosraten sudah kita raih. Namun tingkat Jawa Tengah kita kita baru memasuki juara harapan,” ujarnya.

Ditambahkannya Lomba Kreanova tentu saja tidak berhenti begitu saja. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) ingin mengedukasi dan memberi semangat kepada pelajar dan warga  yang telah juara, karyanya tidak diklaim pihak lain.

“Hasil karya besar ini harus dilindungi. Semoga inovasi yang dihasilkan dapat memberikan dampak ekonomi, kesehatan,”katanya.

Sementara Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto mengucapkan  terima kasih kepada peserta lomba yang telah mengikuti kegiatan krenova tahun 2023. Pihaknya berharap karya atau inovasi ini terus dibina dan dikembangkan di masyarakat.

“Semoga penemuan atau inovasi dari para pelajar dan masyarakat dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,”ucapnya.

Dalam lomba Kreanova Pemkab Karanganyar tim penilai dari unsur Perguruan Tinggi. Kategori penilaian yakni orisinalitas, kepioniran dan kemanfaatan di masyarakat.

Lomba kreanova diikuti 54 peserta menghasilkan 56 hasil karya inovasi. Hasil krenova tahun ini mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun kemarin yakni 61 hasil karya dari 60 peserta.Total hadiah pelajar 15 juta dan Masyarakat 30 juta.(red)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!