Manfaat Meditasi Rohani Atau Saat Teduh Bagi Iman Anak Pada Masa Pandemi Covid-19

(Penulis Febri Anita, SPd_Pendidik TK Tunas Pertiwi)

Pelitanusantara.com | Pertama kita akan memahami beberapa pertanyaan yang muncul tentang saat teduh yaitu : apa sih saat teduh itu? Kenapa harus saat teduh? Saat kapan kita saat teduh? Berikut penjelasannya :
Saat teduh adalah kegiatan yang dilakukan secara pribadi setiap hari untuk bertemu dan berbicara dengan Tuhan melalui pujian, doa dan perenungan akan Firman Tuhan. Perjumpaan pribadi dengan Tuhan ini sangat penting dalam membangun relasi dengan Tuhan. Alasan utama saat teduh adalah karena kita manusia membutuhkan Tuhan.

Alasan dan manfaat saat teduh adalah :

  1. Meneladani Tuhan Yesus (Markus 1:35). Tuhan Yesus menyediakan waktu yang khusus untuk berjumpa dengan Tuhan.
  2. Merespon kerinduan Tuhan (Ayub 7 :7-18) Seperti seorang bapak yang sayang dan selalu rindu bertemu dengan anaknya,
    demikian juga Tuhan sebagai Bapa merindukan kita sebagai anak-anaknya.
  3. Membangun persekutuan dengan Tuhan (Lukas 10 :42)
    Persekutuan menghasilkan keintiman karena mendengar suara dan memahami kehendak Tuhan.
  4. Mengisi bejana rohani kita (Mazmur 90:14)
    Jika rohani kita penuh dan kuat maka apapun yang ada di dunia ini bisa kita hadapi karena kekuatan yang luar biasa dari Tuhan. Apalagi masalah pandemi sekarang yang belum kunjung selesai, banyak PHK, banyak yang merugi, banyak masalah tetapi jika rohani kita penuh akan kuat dan semangat dalam menghadapi semua masalah kita.

Saat teduh menjadi cara untuk menumbuhkankembangkan aspek perkembangan nilai agama dan moral anak. Perkembangan nilai agama dan moral menjadi kesatuan yang tidak dapat terpisahkan karena ketika anak memahami dan meningkatkan perkembangan nilai agama maka ini memastikan bahwa moral anak akan meningkat juga. Nilai agama dan moral biasanya disebut sebagai aspek spiritual atau rohani anak. Kita ketahui bahwa perkembangan nilai agama moral adalah salah satu aspek pengembangan anak dari 6 aspek pengembangan seperti perkembangan sosial – emosional, perkembangan fisik motorik, perkembangan kognitif, perkembangan bahasa dan perkembangan seni. Dalam mendidik anak harus mengusahakan setiap aspek perkembangan bertumbuh.

Aspek spiritual atau rohani anak adalah pemahaman anak terhadap kebenaran nilai-nilai Alkitab dimana nilai-nilai ini terimplementasikan dengan baik dalam sikap dan perbuatan setiap saat. Ternyata aspek rohani anak adalah yang tepenting karena anak akan berespon didalam setiap kehidupan yang dihadapi anak dengan nilai-nilai alkitab yang Tuhan ajarkan. jika aspek rohani anak tidak ditingkatkan maka tidak ada respon yang berdasarkan nilai – nilai alkitab tersebut. Misalnya tentang ketaatan, ada seorang anak setelah belajar main game online tetapi tiba-tiba orang tua meminta anak tersebut untuk menolongnnya, jika anak memiliki pertumbuhan rohani yang baik anak tersebut anak meninggalkan game untuk menolong orang tuanya karena anak sudah paham arti taat tersebut diperintahkan oleh Tuhan. Nilai-nilai rohani ini adalah nilai yang tidak akan pernah kadaluarsa atau tidak akan pernah berubah.

Betapa pentingnya menumbuhkan rohani anak sejak dini, sebab didikan pada masa kecil akan membentuk karakter dan kerohanian mereka dimana hal ini sangat mempengaruhi tingkah laku anak di waktu mereka dewasa. Sehubungan dengan itu Judith Allen berkata bahwa : “Anak-anak usia Sekolah Dasar mempunyai keinginan besar untuk belajar sekalipun belum bisa berpikir secara konkret seperti orang dewasa, untuk itu orang tua sebagai guru dan pendidik utama dalam keluarga perlu menggambarkan sesuatu untuk mereka lihat dan belajar dari hal itu”. Artinya anak-anak usia sekolah merupakan waktu yang sangat baik untuk pembentukan dan pembinaan baik secara mental maupun secara rohani, dimana hal ini akan mempengaruhi tingkah laku anak.
Cara melakukan saat teduh adalah

  1. Menyanyikan lagu atau mengucapkan syukur kepada Tuhan karena kebaikan Tuhan
  2. Berdoa meminta bimbingan Tuhan untuk dapat memahami Firman
  3. Membaca dan merenungkan firman Tuhan bisa sambil diceritakan kisah alkitab
  4. Berdoa syafaat untuk orang lain, keluarga besar, gereja, sekolah sampai bangsa dan negara.

Tips bersaat teduh yang baik adalah.

  1. Waktu yang terbaik adalah pagi hari karena suasana masih sepi dan tenang, fisik masih segar.
  2. Cari tempat yang tenang di dalam rumah kita yang paling jarang dilintasi oleh orang.
  3. Mulailah dengan bersaat teduh singkat
  4. Mulailah dengan membaca bagian Alkitab yang mudah dipahami atau membaca ayat yang disediakan dari buku renungan
  5. Catat setiap pesan Firman Tuhan (didampingi oleh orang tua)
  6. Buat kesimpulan bersama

    Daftar Pustaka :
    Alkitab
    www.superbookindonesia.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *