Lumbung Nusantara Menyerahkan Bantuan 200 APD kepada Gugus Tugas Covid-19 Kota Bekasi

  • Bagikan

 

Kota Bekasi, Pelitanusantara .com | Kerja keras penanggulangan pandemi virus corona (Corona Virus Disease-19/ Covid-19) saat ini dilakukan secara maksimal oleh jajaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di hampir seluruh wilayah Indonesia. Sebagai garda terdepan penanggulangan pandemi, para relawan yang tergabung di gugus tugas ini juga sangat rentan terpapar penyebaran virus, sehingga dibutuhkan ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) yang mencukupi.

Sebagai rasa kepedulian terhadap relawan Gugus Tugas Covid-19, Lumbung Nusantara melalui gerakan Berbagi Anak Negeri (BERANI) pada Rabu pagi (06/05/2020) memberi bantuan APD berupa baju hazmat (hazard material) dan masker. bukan hanya APD akan tetapi Lumbung Nusantara juga memberikan bantuan berupa paket sembako yang nantinya didistribusikan kepada pihak yang membutuhkan di wilayah Kota Bekasi.

Secara simbolis bantuan tersebut diserah terimakan langsung oleh Koordinator Nasional Lumbung Yusuf, Pdt. Dr. Rachmat. T. Manulang, kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bekasi, Dr. Rahmat Effendi yang juga Walikota Bekasi di Stadion Patriot Chandrabhaga, Kota Bekasi.

“Bantuan APD sebanyak 200, lalu masker 200. Lalu kami juga menyerahkan paket sembako sebanyak 200 bingkisan, yang terdiri dari beras, minyak dan mie instan,” ujar Rachmat Manulang kepada Pelitanusantara.com ketika ditemui usai penyerahan bantuan.

Rachmat menjelaskan bahwa penyaluran bantuan tersebut  telah dilakukan oleh Lumbung Nusantara dan sejumlah lembaga yang dinaunginya seperti Lumbung Yusuf dan My Home sejak April lalu.

“Ya sebenarnya ini awal dari proses kami untuk membantu masyarakat, sejak awal April di Kalimalang, di Kampus STT LETS. Nah sekalian juga kita ingin langsung bertemu dengan Wali Kota supaya beliau tahu apa yang kami kerjakan. dan memang kami kirimkan bantuan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat yang saat ini memang keadaannya sangat memprihatinkan,” imbuhnya.

Pandemi virus corona saat ini tidak hanyak berdampak terhadap kondisi kesehatan masyarakat, namun juga menjadi pukulan keras bagi sektor perekonomian Indonesia. Rachmat lalu mengutarakan, saat ini yang harus menjadi fokus dari banyak pihak adalah bagaimana memastikan ketersediaan lapangan pekerjaan guna meredam angka pengangguran pasca masa pandemi. Rahmat kemudian mengungkap, sebagai respon terhadap kondisi yang dimaksud, Lumbung Nusantara sendiri telah mempersiapkan sejumlah langkah guna menyerap angkatan kerja yang terdampak secara ekonomis akibat wabah Covid-19.

“Ya mungkin kegiatan ini (pembagian APD dan sembako) akan berlangsung hingga Juni. Namun setelah itu kita juga akan menghadapi permasalahan di lapangan pekerjaan. Nah ini juga yang coba kami carikan solusinya. Kita mencoba mencari cara agar bisa membuka lahan lebih dahulu, menanam sorgum, lalu nanti masyarakat bisa bekerja di situ. Nah ini sedang berjalan di Sentul,” tambah Rachmat Manulang.

Menutup keterangannya, pendiri STT LETS ini berharap akan ada lebih banyak pihak yang terinspirasi dari apa yang sudah dilakukan oleh Lumbung Nusantara, kemudian merealisasikannya dengan menolong sesama anak negeri di tengah kondisi seperti ini.

“Kita harus bergotongroyonglah semua. Semangat kami adalah BERANI, Berbagi Anak Negeri. Semangat berbagi anak negeri ini yang sedang kami bangun, supaya tidak ada lagi pemahaman yang bersifat egosentris. Semangat gotong royong ini diperlukan, karena perjalanan kita masih panjang,” tutupnya.

Ketua FKUB (Forum Komunikasi antar Umat Beragama) Kota Bekasi, H. Abdul Manan, yang ditemui di lokasi yang juga mendampingi Walikota Bekasi saat acara serah terima tersebut dan turut mengutarakan terima kasihnya atas peranan umat lintas agama dalam menyumbang berbagai kebutuhan bagi tenaga medis dan relawan yang kesehariannya berjuang melakukan percepatan penanganan Covid-19. Secara khusus Abdul Manan menyampaikan terima kasihnya atas peran serta dari pihak Lumbung Nusantara.

“Kami mengucapkan terima kasih yang telah diberikan oleh saudara kami dari Lumbung Nusantara ini, yang memberikan  perhatian serius kepada penanganan Covid-19, khususnya di Kota Bekasi ini. Tadi kita saksikan bersama, bahwasannya telah diserahkan beberapa item (bantuan) yang langsung diterima oleh Komandan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, bapak Wali Kota Bekasi. Tentunya ini akan sangat berarti bagi para dokter yang selama ini merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19, dan upaya penyembuhan orang-orang yang terkena Covid-19,” ujar Abdul Manan

Abdul mana lalu mengungkap, apa yang telah dilakukan Lumbung Nusantara merupakan contoh kerukunan di dalam relasi antar umat beragama di Kota Bekasi.

“Ini betul-betul bermanfaat. Mudah-mudahan dengan kesediaan dari Lumbung Nusantara ini akan memperkuat rasa kebersamaan, persatuan, dan meningkatkan kerukunan di Kota Bekasi ini, dalam upaya membangun Kota Bekasi lebih indah lagi, lebih baik lagi,” harap Abdul Manan. ( Kefas/Pelitanusantara.com)

  • Bagikan