Layanan Wifi 1.212 Seluruh Padukuhan Sleman Telah Terpasang.

yupiterjogja
Img 20231220 Wa0069
Spread the love

SLEMAN-Pelitanusantara.com,
Pemerintah Kabupaten Sleman, menyelenggarakan Perss Tour, Sinergitas Perss dan Pemkab Sleman dalam promosi potensi lokal. Kegiatan dilaksanakan di tiga lokasi berbeda diwilayah Kapanewon Sayegan, Kabupaten Sleman, Rabu ,(20/12/2023).

Kegiatan presstour dihadiri Bupati Sleman, para kepala Dinas dan Instansi terkait serta Panewu Sayegan, Forkopimcam Sayegan dan Lurah Margoluwih serta tamu undangan lainnya.

Kunjungan pertama rombongan presstour ke sentra keripik belut dan aneka olahan kripik “citra rasa”di Kraci-Margoluwih, Sayegan.Suwarti Owner aneka olahan kripik belut citra rasa ,menjelaskan proses pengolahan dari bahan mentah, produksi , packejing serta akses permodalan yang juga dibantu dari PPL tingkat kecamatan, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sleman dan Provinsi DIY.

Ibu.Suwarti menuturkan, usaha ini dirintis sejak tahun 2021, melanjutkan usaha dari keluarga (ibu), kripik belut ini kami membidik pasar menengah atas, outlet kami dulunya berada di pasar godean tapi sekarang kami membuat outlet dirumah dengan terus menjaga kualitas agar produk kami tetap higienis , bahan belut didatangkan dari Jawa Timur,produk kami ( kripik belut, bayam, tempe, kripik paru dan kripik wader).

Terkadang bila ada kunjungan dan studi banding kami persilahkan para tamu melihat langsung prosesnya, dan untuk pemasaran saat ini kami layani baik online dan offline dengan bekerjasama beberapa desa wisata disekitar. ujar Owner kripik belut citra rasa.

Img 20231220 Wa0072

Kunjungan dilanjutkan ke lokasi kedua “Mina Padi Beteng pangan Rakyat”, berlokasi di Cibuk Kidul, Sayegan, sekaligus istirahat dan ramah tamah bersama. Dalam kesempatan tersebut Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyampaikan terimakasih kepada para media yang hadir dalam kegiatan presstour atas dukungannya selama ini kepada Pemkab Sleman melalui pemberitaan-pemberitaan yang positif.

Bupati Sleman berharap jelang pemilu 2024, mari kita sama-sama menjaga dituasi Kabupaten Sleman agar tetap kondusif, perbedaan adalah kekuatan kita untuk membangun Sleman, “mari kita Sesarengan mbangun Sleman”,tutur Kustini Sri Purnomo.

Press tour berakhir dilokasi ke tiga, sekaligus acara launching 1.212 Padukuhan telah mendapat layanan, fasilitas wifi gratis, program ini merupakan program prioritas pemerintahan Kabupaten Sleman, sejak awal ,karena program ini menjadi visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Sleman (Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa)

Bupati mengatakan wifi gratis disemua padukuhan telah tersedia, walaupun masih ada kendala ,dan juga efek negatifnya bagi generasi muda kita. Kita juga menggandeng UGM dalam riset-riset agar sasaran pembangunan di Kabupaten Sleman tepat dasaran.tuturnya.

Sementara itu,Kepala Dinas Kominfo Sleman, Eka Suryo Prihantoro, melaporkan pelaksanaan program wifi 1.212 Padukuhan ini mulai dilaksanakan tahun 2021 dan selesai september 2023.

Tujuannya adalah mendukung aktifitas masyarakat dibidang pendidikan, sosial ekonomi-umkm melalui teknologi digital. hasil survai dari UNY mengatakan 84% masyarakat Sleman telah mengetahui program ini, 77%nya telah memanfaatkan layanan ini, dampak dan manfaat 98,77%, kecepatan akses 74,59%, dan Index kepuasan mencapai 71,61% ,ujar Kadis Kominfo Sleman,
PR kami ditahun 2024 adalah jenis pemanfaatan layanan, agar wifi ini digunakan untuk hal-hal yang produktif.pungkasnya.

Informasi lainnya dari Kepala Dinas Pariwisata Sleman,terkait pengaruh Erupsi Merapi dan kunjungan wisatawan libur NATARU ,menanggapi hal ini, Ishadi Zayid mengatakan, Erupsi merapi bisa menjadi bonus, karena orang dapat melihat erupsi merapi dari jarak aman, saya pastikan itu bonus atraksi wisata, karena hal ini tidak didapatkan di daerah lain.

Jarak aman bagi wisatawan saat erupsi merapi bisa di akses melalui HP android, karena BPPTKG sudah membuat aplikasi “SIMANTAR” sistim informasi sleman tanggap bencana, di aplikasi ini kita bisa mengetahui jarak aman dan radius berapa kilo bagi wisatawan saat erupsi merapi, pungkasnya. (Ome)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!