Lanal Yogyakarta Turut Serta Dalam Acara Puncak Penanaman Mangrove Nasional Di Pantai Samas,Bantul.

yupiterjogja
Img 20230516 Wa0015
Spread the love

YOGYAKARTA-PN NEWS, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta bersinergi bersama masyarakat dan nelayan pesisir Pantai Samas Bantul, melaksanakan penanaman pohon mangrove di Laguna Pengklik Pantai Samas Bantul.

Kegiatan penanaman mangrove ini dilaksanakan secara serentak Jajaran TNI di seluruh Indonesia melalui Vicon (Video Confrence) yang dipimpin langsung Presiden RI H. Joko Widodo. Senin (15/5/2023).

Melaui video Confrence Presiden RI H. Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan, bahwa penanaman mangrove kali ini secara serentak diikuti jajaran TNI di seluruh Indonesia yang bertujuan mendukung program pemerintah, serta memberikan wawasan dan kesadaran kepada masyarakat akan arti pentingnya mangrove bagi kehidupan manusia, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga ekosistem laut yang diarahkan untuk menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) Juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan negara.

Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (KH/W) Devi Erlita, S.Ag., M.M., M.Tr.Hanla menyampaikan bahwa tanaman mangrove ini sangat besar manfaatnya, seperti penghasil oksigen, mampu menahan arus air laut yang mengikis daratan pantai, dengan kata lain tumbuhan mangrove mampu untuk menahan air laut agar tidak mengikis tanah di garis pantai dan dapat melestarikan alam, jelas Danlanal.

Kegiatan ini merupakan implementasi dari program pemerintah, hal ini selaras dengan Perintah Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla melalui Dinas Potensi Maritim TNI AL (Dispotmaral) agar TNI AL senantiasa menjaga kepercayaan negara dan rakyat, melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

Selain itu, juga mengoptimalkan pembinaan potensi maritim dalam rangka menyiapkan kemampuan wilayah pertahanan laut dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta) melalui sinergitas peran instansi fungsional dan stakeholder terkait.

(Pen Lanal Yogyakarta-Ome)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!