Kick off Semarak Rupiah Ramadan, Pj Gubernur Al Muktabar Imbau Masyarakat Menukarkan Uang di Lembaga Resmi

Image Berita E107f4a4 3155 4943 8eb0 Ecb209e288bf
Spread the love

Banten – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menghadiri acara kick off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2024 yang dilaksanakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Selasa (19/3/2024).

Dalam kesempatan itu Al Muktabar mengimbau kepada masyarakat untuk menukarkan uang di lembaga-lembaga keuangan resmi yang telah ditunjuk oleh BI. Meskipun ada beberapa pihak baik yang secara individu maupun kelompok membuka jasa penukaran uang.

‘’Memang di situ ada pertukaran ekonomi, itu silahkan saja. Namun tentu masyarakat juga harus berhati-hati,’’ kata Al Muktabar.

Momen penukaran uang itu, dimaknai Al Muktabar sebagai tradisi masyarakat dalam melakukan pembaharuan, karena di situ ada sebuah transaksi penukaran uang lama dengan uang yang baru dengan pecahan yang lebih kecil.

Tradisi itu juga merupakan simbol yang sudah melekat di masyarakat dalam menyambut datangnya hari besar keagamaan Idul Fitri 1445 H, dimana Idul Fitri itu dimaknai sebagai kembali suci atau baru, termasuk pada hal uang.

‘’Mudah-mudahan dari segenap sistem nilai itu, outcomenya adalah terjaganya stabilitas daerah dengan baik,’’ ucapnya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Ameriza M Moesa menambahkan, rangkaian kegiatan SERAMBI 2024 meliputi layanan penukaran uang, dan edukasi Rupiah kepada masyarakat yang menggunakan aplikasi PINTAR dalam layanan penukaran uang rupiah.

Disamping itu terdapat edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah (CBP) tematik Ramadan kepada masyarakat untuk mendorong belanja bijak menggunakan Rupiah.

‘’Kegiatan kas keliling untuk mendistribusikan Uang Layak Edar (ULE) kepada masyarakat dimulai tanggal 19 Maret s.d 5 April 2024. Layanan kas keliling BI bersama perbankan dilakukan sebanyak 12 titik (kuota sebanyak 6.000 orang), dan layanan penukaran uang di loket Bank dilakukan di 199 titik,’’ katanya.

Bank Indonesia senantiasa berupaya untuk meningkatkan kualitas program SERAMBI setiap tahunnya. Pada tahun ini penguatan program diantaranya penambahan jumlah paket penukaran dari 3,8 juta menjadi maksimal Rp 4 juta, modernisasi armada kas keliling, dan penambahan fitur pada digitalisasi penukaran melalui QR code pada aplikasi PINTAR untuk semakin mempermudah masyarakat dalam melakukan penukaran.

Untuk menghindari kerumunan dan mempermudah akses masyarakat dalam memperoleh informasi seputar kegiatan kas keliling, maka di era digitalisasi ini Bank Indonesia telah mengembangkan aplikasi yang dapat diakses pada laman PINTAR.GO.ID. Sehingga masyarakat yang ingin melakukan penukaran, dapat melakukan pemesanan terlebih dahulu.

‘’Pada aplikasi tersebut masyarakat dapat memilih lokasi kas keliling yang tersedia, menginput data pribadi serta mengisi informasi jenis dan jumlah nominal penukaran,’’ tutupnya.

Kick off Semarak Rupiah Ramadan, Pj Gubernur Al Muktabar Imbau Masyarakat Menukarkan Uang di Lembaga Resmi

Joe Macpal

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!