Ketua Dekranasda Lobar Montivasi Pengrajin Kait Tenun Untuk Tetap Semangat

Lombok Barat, Pelitanusantara.com  – Ketua Dekranasda Kabupaten Lombok Barat (Lobar) Hj. Khaeratun Fauzan Khalid mengunjungi kelompok tenun di Desa Kebon Ayu, Kecamatan Gerung, Lobar, Jum’at (5/2/2021).

Ia datang bersama, Sekretaris Kecamatan Gerung M. Nur , Kepala Desa Kebon Ayu Jumarsa, serta Pengurus dan Anggota Dekranasda Kabupaten Lobar.

Ketua Dekranasda Lombok Barat Hj. Khaeratun Fauzan Khalid mengatakan bahwa ini pertama kalinya ia kesini dan merupakan suatu kehormatan bisa berkumpul sekaligus bisa bersilahturahmi dengan ibu-ibu kelompok tenun kain di desa kebon ayu.

Semoga dengan kunjungan ini, ibu-ibu pelaku IKM bisa lebih semangat untuk berinovasi, berkreasi dan berproduksi serta semangat dalam mempromosikan produknya.

“Dan selalu berkomitmen untuk memajukan industri kain tenun tradisional, walaupun banyak kekurangan dan keterbatasan baik peralatan tenun maupun SDMnya,” ujarnya.

Hj. Khaeratun juga menambahkan Dekranasda Lombok Barat dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Lombok Barat serta Dinas Koperasi UKM akan senantiasa membantu dan memfasilitasi para penenun .

Untuk segera membuat kelompok tenun agar produk kain tenun Lombok Barat dapat dikenal sampai keluar daerah melalui kegiatan-kegiatan di OPD terkait.

Hj.Khaeratun selaku Ketua TP PKK Kab.Lobar yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Lobar, menyampaikan bahwa Ketua TP PKK Desa, bersama aparat desa agar melakukan pembinaan-pembinaan ke IKM.

Dan diharapkan agar dapat menyiapkan Workshop/Galeri untuk menampung hasil-hasil tenun dari masyarakat.

Sementara itu salah seorang penenun yang di temui berharap agar pihak terkait dapat membantu pejualan kain tenun dari desa Kebon Ayu yang sudah jadi minimal ada pemasukan setiap bulannya, selama ini penjualan 3-5 potong per bulan baru terjual.

Dalam kunjungan tersebut Hj. Khaeratun diajak melihat peralatan untuk menenun dan mencoba alat tenun tradisional yang digunakan penenun di desa teresbut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *