Keragaman Etnik dan Budaya Indonesia

Pelitanusantara.com Keragaman etnik dan budaya Indonesia artinya Indonesia memiliki suku bangsa dan budaya yang beragam, mencakup rumah adat, pakaian adat, dan tarian daerah. Keragaman etnik dan budaya Indonesia Mengutip KBBI, etnik atau etnis bertalian dengan kelompok sosial dalam sistem sosial attau kebudayaan yang mempunyai arti atau kedudukan tertentu karena keturunan, adat, agama, bahasa dan sebagainya.

Mengutip Kemdikbud RI, etnik atau etnis disebut juga suku bangsa. Menurut Koentjaraningrat, suku bangsa adalah sekelompok manusia yang mempunyai kesatuan budaya dan terikat oleh kesadaran budaya tersebut sehingga menjadi identitas.

Kesadaran dan identitas biasanya dikuatkan oleh kesatuan bahasa. Jadi, suku bangsa adalah gabungan sosial yang dibedakan dari golongan-golongan sosial sebab mempunyai ciri-ciri paling mendasar dan umum berkaitan asal-usul, tempat asal dan kebudayaan.

Ciri-ciri suku bangsa adalah memiliki kesamaan kebudayaan, bahasa, adat istiadat, dan nenek moyang. Ciri-ciri mendasar yang membedakan suku bangsa yang satu dengan yang lain adalah bahasa daerah, adat istiadat, sistem kekerabatan, kesenian daerah, dan tempat asal.

Keberagaman bangsa Indonesia terutama terbentuk oleh jumlah suku bangsa yang tinggal di berbagai lokasi yang tersebar. Setiap suku bangsa memiliki ciri atau karakter tersendiri, dalam aspek sosial atau budaya. Menurut data BPS pada 2010, di Indonesia terdapat 1.128 suku bangsa.

Suku-suku bangsa di Indonesia mempunyai berbagai perbedaan yang membentuk keanekaragaman di Indonesia. Keberagaman kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia, dipengaruhi faktor lingkungan. Masyarakat di pegunungan lebih banyak menggantungkan kehidupan dari pertanian, sehingga berkembang kehidupan sosial budaya masyarakat petani.

Masyarakat di pantai mempunyai mata pencaharian sebagai nelayan dan berkembang kehidupan sosial masyarakat nelayan. Keragaman Indonesia juga tampak dari seni sebagai hasil kebudayaan daerah. Setiap daerah memiliki hasil karya seni yang berbeda dan menjadi ciri khas daerah masing-masing.

Hampir semua daerah atau suku bangsa di Indonesia memiliki tarian dan nyanyian yang berbeda.  Keanekaragaman budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke merupakan aset yang tidak ternilai harganya, sehingga harus tetap dipertahankan dan dilestarikan.

Contoh keberagaman etnik dan budaya di Indonesia adalah budaya melukis tubuh di Mentawai, Sumatera Barat, tindik sebagai tanda kedewasaan dan masih banyak kebudayaan lain yang belum tereksplorasi. Setiap daerah di Indonesia memiliki kebudayaan yang khas. Keragaman budaya tersebut dapat diketahui melalui bentuk-bentuk pakaian adat, rumah adat, tarian daerah, lagu daerah, upacara adat, dan lainnya.

Rumah adat

Wujud keanekaragaman budaya bangsa Indonesia tersebar di berbagai provinsi. Yang paling konkrit adalah rumah adat di setiap provinsi di Indonesia.  Contoh rumah adat di daerah di Indonesia:

  • Nanggroe Aceh Darussalam: Krong Bade
  • Sumatera Barat: Rumah Gadang
  • Yogyakarta: Rumah Joglo
  • Bali: Rumah Adat Gapura Candi Bentar
  • Nusa Tenggara Timur: Musalaki
  • Kalimantan Timur: Rumah Adat Lamin
  • Kalimantan Tengah: Betang
  • Kalimantan Selatan:  Banjar atau Betang
  • Sulawesi Utara: Rumah Adat Istana Buton
  • Papua: Honai

Pakaian adat

Pakaian adat tradisional Indonesia sangat beragam. Pakaian adat tradisional di Indonesia adalah nilai-nilai budaya Indonesia yang tak ternilai harganya. Maka pakaian adat di Indonesia harus dijaga dan dilestarikan. Contoh, pakaian adat Biliu dan Makuta dari Sulawesi Tengah, Ngambe dari Gorontalo, Kebaya dan Beskap dari Jawa Tengah, dan lain-lain.

Tarian daerah

Tari adalah salah satu aspek seni untuk mengungkapkan perasaan melalui gerak, biasanya mengandung makna dan simbol tertentu di dalamnya. Setiap tarian atau pertunjukan tari di tiap daerah Indonesia memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing. Contoh tari daerah di Indonesia, Tari Seudati dari Aceh, Tari Legong dari Bali, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *